Home Informasi Berkala Proses Rekonstruksi Pembunuhan Korban Menyedot Perhatian Warga Sekitar

Proses Rekonstruksi Pembunuhan Korban Menyedot Perhatian Warga Sekitar

0
Proses Rekonstruksi Pembunuhan Korban Menyedot Perhatian Warga Sekitar

Polda Sumsel – Proses rekonstruksi pembunuhan korban inisial EL Alias EW (35), menyedot perhatian warga sekitar, pada Rabu (20-9-2017). Tidak hanya penasaran ingin melihat, puluhan warga ini pun mencaci maki keempat pelaku yang telah tertangkap, yakni HE Alias IW (21), APZ Alias YY (24), ATS (31) dan APS Alias UC (26).

 

Matilah bae pelaku ini. Kejam nian, tidak ada rasa kemanusiaan, ucap seorang warga. Dari 27 adegan yang digelar Subdit III Jatanras Ditreskrimum Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, terlihat jika korban dieksekusi di adegan ke-10 dan ke-11.

 

Istri korban RO, dan kedua orang tuanya ZA dan NU yang ikut menyaksikan hanya bisa menatap nanar perbuatan pelaku. Ibu mertua korban, NU (60), tampak geram saat melihat cara pelaku menghabisi nyawa menantunya tersebut.

 

Mereka ingin dapat uang dengan cara cepat, sampai tega bunuh orang. Saya harap pelaku dihukum sesuai dengan perbuatannya. Nyawa dibayar nyawa, ucap NU.

 

Sementara Kasubdit III Ditrskrimum Polda Sumsel, AKBP Erlin Tangjaya mengatakan, rekonstruksi dilakukan untuk kelengkapan berkas perkara.

 

Kita juga ingin mengetahui lebih jelas bagaimana para pelaku melakukan pembunuhan terhadap korban, ucapnya. Rekonstruksi ini sendiri dilakukan di beberapa tempat, mulai dari lokasi penjemputan, eksekusi, pembuangan jasad dan penyimpanan mobil korban.

 

Adegan pertama ketika 3 pelaku utama yaitu AR, AL dan HE berkumpul di rumah AR, pada Sabtu (19-8-2017) untuk mematangkan rencana. Kemudian diadegan ke-5, para tersangka memesan taksi online di jalan Jenderal Sudirman dekat hotel Daira Palembang.

 

Adegan ke-10 dan ke-11, saat para pelaku menghabisi korban di Tanah Mas Kabupaten Banyuasin.

 

Mulai dari HE yang menjerat leher korban dengan sling baja dan disusul Aldo yang menusuk tubuh korban dengan sajam berkali-kali. Lalu adegan ke-15, ketiga pelaku membuang jenazah korban ke pinggir jalan di Sembawa, Banyuasin.

 

Selanjutnya para pelaku ke Talang Betutu, bertemu dan menginap di rumah Ucok, teman salah satu pelaku. Termasuk di rumah Roni, orang yang rencananya akan menjualkan (calo) mobil korban. Adegan ke-25, para pelaku menginap di penginapan Tiga Putra di Talang Keramat. Terakhir, para tersangka pulang ke rumah masing-masing, hingga akhirnya satu persatu para pelaku berhasil diringkus. 

SHARE