Home Informasi Setiap saat Sat Lantas Beri Pelatihan TP TKP Laka Lantas Kepada Komunitas Pelopor Keselamatan

Sat Lantas Beri Pelatihan TP TKP Laka Lantas Kepada Komunitas Pelopor Keselamatan

0

humas.polri.go.id- Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun mengadakan pelatihan peningkatan profesionalisme dalam penanganan kecelakaan lalu lintas kepada Komunitas Pelopor Keselamatan. Senin (9/10-2017) pukul 16.00 s/d pukul 17.30 wib di Lapangan Aspol Polres Simalungun.

Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendri ND. Barus, SH, SIK menyampaikan bahwa tujuan pelatihan TPTKP Laka Lantas ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada komunitas pelopor keselamatan sehingga nantinya dapat membantu tugas Polisi Lalu lintas dalam memberikan bantuan pada korban laka lantas sehingga bisa meringankan beban penderitaan korban laka lantas karena cepat diberi pertolongan. Selain itu peserta latihan juga bisa mengamankan TKP Laka lantas sebelum Polisi Lalu lintas tiba di TKP.

Selain memberikan penjelasan teori, petugas Sat Lantas Polres Simalungun juga memberikan penjelasan praktek lapangan dengan membuat skenario laka lantas yang disampaikan oleh Kanit Laka Iptu Jonni Silalahi dan Kanit Dikyasa Aiptu Arwansyah Batubara beserta anggota Sat Lantas lainnya.

Dalam praktek lapangan tersebut, para peserta diajarkan tindakan apa yang harus dilakukan bila menemukan laka lantas. Dalam pelatihan ini, para peserta ditekankan bahwa peserta latihan bukan melakukan Olah TKP laka lantas, melainkan tindakan pertama di TKP yaitu mengamankan TKP, membantu korban laka lantas dan mengamankan barang bukti hingga Polisi tiba di TKP laka lantas.

Selain itu, peserta juga diajarkan bagaimana menandai korban dan barang bukti apabila harus dipindahkan disebabkan perlunya pertolongan segera dan menghambat arus lalulintas sehingga tidak terjadi kemacetan serta cara pengatur arus lalulintas sistem buka tutup saat diperlukan di TKP.

“Para peserta merasa puas dan berterima kasih pada Sat Lantas yang sudah melaksanakan pelatihan. Diharapkan nantinya pelatihan ini dapat berguna saat mereka menemukan TKP laka Lantas dan dapat membantu korban serta mengamankan TKP sampai Polisi tiba”, ungkap AKP Hendri ND. Barus, SH, SIK.(ad)

SHARE