Home Informasi Setiap saat 10.200 Sertifikat PRONA Diserahkan Jokowi Dalam Kunjungannya di Sragen

10.200 Sertifikat PRONA Diserahkan Jokowi Dalam Kunjungannya di Sragen

0

Sragen – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, serahkan sertifikat PRONA (Program Operasi Nasional Agraria) kepada sejumlah 10.200 penerima berasal dari warga masyarakat sesolo raya. Penyerahan sertifikat PRONA dilangsungkan di stadion Taruna Sragen. Selasa (07/11/2017).

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan A Djalil mengatakan, pada hari ini pemerintah menyerahkan sekitar 10.200 sertifikat tanah kepada warga masyarakat dari 6 Kabupaten di Jawa Tengah, yakni warga masyarakat kabupaten Sragen , kabupaten Karanganyar, kabupaten Sukoharjo, kabupaten Wonogiri, kabupaten Boyolali dan kabupaten Klaten, diserahkan secara simbolis oleh joko widodo dalam kunjungannya secara khusus ini, di sela-sela kesibukannya mempersiapkan hajatan mantunya di solo.

 

Dalam sambutannya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan A Djalil menjelaskan manfaat sertifikasi tanah yaitu untuk menghindari konflik sengketa tanah, membuat aset masyarakat bisa dijadikan jaminan bank, serta menghindarkan masyarakat dari jeratan rentenir.

 

Secara simbolis, Sebanyak 12 orang perwakilan dari 6 kabupaten menerima sertifikat hak atas tanah dari Presiden. Mereka berasal dari berbagai profesi, seperti buruh tani, buruh harian lepas, pedagan, hingga Petani.

 

“sertifikat ini penting, setiap saya ke desa, ke daerah dari sabang sampai merauke yang di keluhkan hanyalah sengketa tanah, tidak ada bukti bagaimana kita membantu? Oleh sebab itu saya perintahkan kepada pak menteri agar segera selesaikan dan keluarkan sertifikat tanah ” tegas Jokowi

 

Presiden menjelaskan keinginannya agar BPN segerakeluarkan sertifikat, supaya tidak sering terjadi kasus sengketa lahan karena orang tidak memegang sertifikat. Dengan bukti adanya sertifikat tersebut, orang tidak bisa sembarangan mengaku memiliki tanah orang lain tanpa bukti yang sah.

 

Presiden juga mengingatkan para pemegang sertifikat agar menjaga sertifikat yang sudah didapat sekarang, jangan sampai hilang ataupun rusak. Jika sertifikat tersebut akan digunakan sebagai angsuran di bank, Jokowi mengingatkan agar masyarakat dapat menghitung angsurannya, mampu atau tidak.

 

Selain itu, Presiden juga berharap agar sertifikat yang telah diberikan, dapat disimpan dan dijaga dengan baik. “Kalau perlu diberi plastik, jangan sampai ditaruh di tempat yang bisa kena air” pesannya kepada penerima Sertifikat.

 

Di penghujung acara, presiden juga membagikan 3 buah sepeda kepada masyarakat yang bisa menjawab pertanyaan dari Presiden Jokowi.

(Humas Polres Sragen)

SHARE