Home Informasi Setiap saat BC Kualanamu Musnahkan Barang Bawaan Penumpang

BC Kualanamu Musnahkan Barang Bawaan Penumpang

0

KPPBC Tipe Madya Pabean B Kualanamu memperlihatkan barang hasil sitaan asal luar negeri yang dimusnahkan dengan cara dibakar, Selasa (31/10).
Bea Cukai (BC) Bandara Kualanamu memusnahkan berbagai macam jenis produk luar negeri hasil tindakan (si¬taan) dari penumpang maupun dari kargo kurun waktu, 2015-2017 senilai Rp2,3 miliar. Pemusnahan barang barang itu dengan cara dibakar di Komplek KIM Mabar Medan-Deliserdang, Selasa (31/10) pagi.
KPPBC Tipe Madya Pa¬bean B Kualanamu, diwakili Kasi PKC Pabean Junaidy Noor menerangkan, pemusna¬han berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No.39/PMK.04 /2014 tentang tata cara penyelesaian barang kena cukai dan barang-barang lain yang di¬rampas untuk Negara atau yang dikuasai Ne¬gara dan peraturan menteri keuangan No.240/PMK.06/2012 ten¬tang tatacara pe¬nge¬lolaan ba¬rang milik negara untuk se¬lan¬jutnya diusulkan peruntu-kannya kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.
Pelaksanaan pemusnahan milik Negara (BMN) ini me¬rupakan tindak lanjut pena¬ganan barang hasil peninda¬kan dan mendapatkan perse¬tujuan dari Kepala Kantor Pe¬layanan Kekayaan Negara dan lelang Me¬dan atas nama Menteri sesuai dengan surat per¬setujuan dimaksud.
Barang yang dimusnahkan merupakan ba¬rang yang dila¬rang dan dibatasi untuk diimpor yang tidak memiliki perizinan teknis dari intansi terkait. Berupa barang tekstil, kos¬metik, obat-oba serta lainnya masuk melalui terminal international Kualanamu dan kargo Bandara Kualanamu.
Arif Tri Handko, Kasubsi Hanggar didampingi Kasubsi Penindakan dan Sarana Operasi, Eko Fahruli sebagai pelaksana pemusnahan menyebutkan, barang yang dimusnahkan berbagai macam produk termasuk di dalamnya, produk tekstil sebanyak 14.753 pcs, kosmetik sebayak,9.792 pcs, obat-obat dan suplemen kesehatan 5.706 pcs,minuman mengandung etil alkohol se-banyak 20 botol, hasil temba¬kau (rokok) 815 slop (153.600 batang), produk ma¬kanan se¬banyak 1.113 pcs, alas kaki (se¬patu dan sandal) sebanyak 612 pcs, barang mengandung content pornografi (sex toys dan foto) sebanyak 14 pcs, Hanphone sebanyak 109 pcs dan, barang lainnya berupa (spare part bekas,compact disc, mainan plastik,cairan kimia sebanyak 1.551 pcs.
Barang yang dimusnahkan tidak memiliki izin dari intansi terkait. Sedang pemusnahan ini kegiatan yang dilakukan dalam hal pe¬nyelesaian terha¬dap barang yang dinyatakan tidak dikuasai, barang yang dikuasai ne¬gara dan barang yang menjadi milik negara sesuai de¬ngan peraturan menteri, yang juga merupakan salah satu tugas dan fungsi Bea Cukai yaitu melindungi industry dalam negeri.
Pemusnahan dihadiri dari Polres Deliserdang, Kejari Deliserdang, Imigrasi, Karan¬tina serta pejebat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Sumatera Utara serta pejabat penting lainnya.

SHARE