Home Informasi Berkala Bhabinkamtibmas Polsek Jepon Polres Blora Dan Babinsa Latih Linmas, Guna Tingkatkan Keterampilan

Bhabinkamtibmas Polsek Jepon Polres Blora Dan Babinsa Latih Linmas, Guna Tingkatkan Keterampilan

0

tribratanews.polri.go.id – Blora, Guna meningkat kedisipilinan dan pengetahuan baris bebaris dan peltihan dasar bela diri anggota Linmas Desa Jomblang, Kecamatan Jepon, Blora.

Pada hari Kamis (09/11/17) sekira pukul 10.00 WIB tadi, Kanit Binmas Polsek Jepon Polres Blora AIPTU Sucipto dan Bhabinkamtibmas Desa Jomblang Bripka Nopin serta Bhabinsa TNI Koptu Basuki melaksanakan kegiatan pembinaan pelatihan terhadap 30 anggota Linmas, yang bertempat di balai desa setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan anggota limas Desa Jomblang, serta terciptanya koordinasi antara anggota linmas dengan TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Dihadiri oleh Kepala Desa Jomblang Wawan Heri Subakir, berserta seluruh perangkat desanya dan Mantri Sat Pol PP Kec Jepon. Sebelum acara pelatihan dimulai  dalam arahanya Aiptu Sucipto mengatakan bahwa pembina Linmas Kecamatan Jepon memang akan menjadi agenda rutin kegiatan pembinaan kemananan swakarsa yang ada di lingkungan Desa.

Menurutnya, kemampuan dasar pemeliharaan Kamtibmas merupakan hal yang penting bagi anggota Linmas. Ia juga menyebutkan, alasan lain di balik pentingnya tersebut. “Yakni, bahwa Linmas merupakan tenaga cadangan yang menjaga keamanan dan ketertiban bersama TNI dan Polri dalam konsep mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” ujar Aiptu Sucipto.

Adapun materi yang di sampaikan seperti sikap siap, sikap istirahat yang benar, langkah tegap dan penghormatan dan lain lainnya yang berhubungan dengan peraturan baris berbaris. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dasar beladiri yakni pukulan, tangkisan dan tendangan serta teknik cara membawa tahanan.

Kegiatan ini mendapat antusias dari peserta ini dibutikan para peserta yang umur rata-rata tidak muda lagi masih bersemangat mengikuti gerakan-gerakan PBB dan beladiri yang diberikan oleh Bripka Nopin serta Koptu Basuki.

Dalam acara tersebut Bripka Nopin juga memberikan pesan-pesan kamtibmas seperti apa yang harus dilakukan sebagai anggota linmas  dalam menjaga dan memelihara menciptakan situasi keamanan dan ketertiban  masyarakat khususnya di Desa Jomblang.

“saya berharap dengan adanya pelatihan ini, para anggota Linmas Desa Jomblang dapat kembali aktif melaksanakan pengamanan swakrsa dan Pos Kamling sebagai salah satu sarana turut membantu memelihara kemanan dan ketertiban lingkungan,” ujar Bripka Nopin.

SHARE