Home POLDA JAWA TENGAH Bupati Batang Hadiri Acara MOU antara BPJSTK Dengan Desa Cokro

Bupati Batang Hadiri Acara MOU antara BPJSTK Dengan Desa Cokro

0

Humas.polri.go.id – Polda Jateng – Polres Batang – Bupati Batang Wihaji bersama Wabup Suyono menghadiri acara penandatanganan MOU antara BPJSTK dengan Desa Cokro. Kegiatan tersebut bersamaan dengan acara Jalan santai yang diadakan di Desa Cokro Kecamatan Blado, BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Masyarakat dan Perangkat Desa untuk menjadi Agen Penggerak ditingkat pedesaan, Minggu (12/11).

Dalam acara jalan santai tersebut dihadiri oleh Bupati Batang Wihaji, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Batang Uni Wihaji, Wakil Bupati Suyono, Ketua BPJS Pekalongan Wiwik, DPRD Dapil X, Kapolsek Blado Polres Batang Polda Jawa Tengah AKP Puji Irianto bersama Muspika setempat serta ratusan masyarakat desa cokro yang antusias menyambut acara jalan santai tersebut.

Menurut Ketua BPJS Pekalongan Wiwik menuturkan Desa Cokro Kecamatan Blado terpilih sebagai Program Desa Sadar Jaminan Sosial karena dinilai dari masyarakatnya yang berbagai unsur mempunyai berbagai jenis kegiatan usaha dengan secara sukarela telah mendaftarkan diri sebagai peserta Badan Penjamin Jasa Sosial Ketenegakerjaan (BPJSTK).

“Nantinya Desa Cokro akan menjadi desa Pelopor untuk desa-desa yang lainnya karena program ini lebih difokuskan didaerah  pedesaan,” ungkapnya.

Program Desa Sadar Jaminan Sosial ini  merupakan inovasi dari Badan Penjamin Jasa Sosial Ketenegakerjaan (BPJSTK) yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta Pemerintah Desa untuk memberikan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat yang ada didesa agar lebih memahami manfaat dari Program BPJSTK.

Lebih lanjut Wiwik menambahkan setiap pemerintah Kota Kabupaten terdapat satu desa yang ditunjuk sebagai  Desa Sadar Jaminan Sosial dan Desa Cokro telah mewakili Kabupaten Batang kerena tingkat kesadaran masyarakatnya yang telah mendaftarkan BPJSTK cukup tinggi.

“Rencananya ke depan akan ada 3 atau 4 Agen BPJS disetiap desa, diharapkan dengan adanya agen BPJS ditengah tengah masyarakat bisa menjangkau lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Agen ini juga berfungsi sebagai tempat pendaftaran peserta BPJS sehingga masyarakat tidak perlu jauh jauh ke kota untuk mendaftar sebagai peserta karena disetiap Agen sudah dibekali dengan aplikasinya.

“Harapan kami, seluruh masyarakat pekerja di desa baik bekerja disektor formal seperti perangkat desa maupun informal seperti petani dan pedagang dapat dilindungi oleh BPJSTK”, pungkasnya.

Pada kesempatan ini BPJSTK juga ikut menyerahkan hadiah berupa Sepeda Gunung dan doorprize yang lainnya.

Bupati Batang  Wihaji dalam sambutanya menuturkan Program ini dapat terselenggara karena adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan pihak BPJS.

“Diharapkan Program Desa Sadar Jaminan Sosial ini dapat menjadi percontohan untuk desa yang lain yang ada di Kabupaten Batang,” pinta Bupati Batang Wihaji.

Ia juga mengajak seluruh masyrakat Kabupaten Batang dapat menerapkan hidup yang bersih. Wihaji juga memberikan beras murah kepada masyarakat yang kurang mampu.

Nampak sejumlah personel Polsek Blado Polres Batang Polda Jawa Tengah mengamankan jalanya kegiatan itu.

SHARE