Home POLDA SULAWESI TENGAH Dalam Operasi Zebra Tinombala 2017, Satlantas Polres Palu Menghimbau Agar Terhindar Dari...

Dalam Operasi Zebra Tinombala 2017, Satlantas Polres Palu Menghimbau Agar Terhindar Dari Tilang Saat Berkendara

0

PALU-Kepolisian Resor Palu melalui Satlantas Polres Palu menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Palu untuk mematuhi aturan-aturan tertib berlalu lintas di jalan raya. Operasi Zebra Tahun 2017 resmi digelar dari tanggal 1 November sampai tanggal 14 November 2017 di seluruh Indonesia dengan sasaran pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas. Kamis, 02/11/2017.

Operasi ini bertujuan menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Polri khususnya Satlantas Polres Palu mengimbau kepada para pengendara agar melengkapi surat-surat kendaraan bermotor.

Kasat Lantas Polres Palu AKP Hangga Utama D, S.I.K. mengatakan, dalam operasi ini, anggotanya akan menindak para pengendara yang melanggar peraturan berkendara untuk memberikan efek jera.

Beliau juga memberikan tips ringan terhindar dari tilang saat berkendara yakni :

  1. Menggunakan helm SNI
  2. Pastikan kelengkapan kendaraan anda sebelum bepergian
  3. Membawa kelengkapan surat-surat kendaraan (SIM dan STNK)
  4. Tertib berlalu lintas.

“Pelanggaran lalu lintas yang ditindak di antaranya berboncengan tiga orang, melawan arus, tidak pakai helm, tidak pakai sabuk pengaman ( Safety Belt ), menerobos lampu merah, SIM habis masa berlaku, STNK habis masa berlaku , kendaraan pribadi yang menggunakan rotator dan sirene, dan tidak menyalakan lampu pada siang hari bagi pengendara sepeda motor,” pungkasnya.

Dalam menindak para pelanggar lalu lintas, anggotanya akan menerapkan beberapa bentuk penindakan, yakni peringatan dan mengeluarkan bukti pelanggaran lalu lintas ( tilang ). Dan juga akan menilang sejumlah kendaraan pribadi yang menggunakan rotator dan sirene.

Operasi Zebra 2017 bertajuk “Penegakkan Hukum dan Meningkatkan Kesadaran Serta Kepatuhan Masyarakat dalam Berlalu Lintas, Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Utamakan Keselamatan untuk Manusia”.

Kasat Lantas Polres Palu AKP Hangga Utama D, S.I.K berharap melalui Pra Operasi Kepolisian Terpusat Polri siap meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang Kamseltibcarlantas dalam rangka melakasanakan kebijakan Promoter Kapolri. Sehingga kita pengedara sadar akan tertib berlalu lintas di jalan raya guna keselamatan di jalan raya menjadi kebutuhan bersama.

SHARE