Home Informasi Setiap saat Gubernur Sumsel Meyakinkan Pengamanan Asian Games Di Kota Palembang Lebih Mudah Daripada...

Gubernur Sumsel Meyakinkan Pengamanan Asian Games Di Kota Palembang Lebih Mudah Daripada Di Jakarta

0
Gubernur Sumsel Meyakinkan Pengamanan Asian Games Di Kota Palembang Lebih Mudah Daripada Di Jakarta

Polda Sumsel – Puluhan orang yang mengantre tiket di Stadion Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, lari kocar-kacir. Ledakan disertai kepulan asap akibat diserang sekelompok teroris membuat kepanikan. Suara sirine bersahut-sahutan, tim pemadam kebakaran, puslabfor, termasuk Densus 88 Anti-Teror berdatangan.

 

Beruntung, sekitar 30 menit kemudian, para pelaku teror tersebut berhasil dilumpuhkan. Itu gambaran latihan Mitigasi Aksi Terorisme Integratif (kementerian/ lembaga/dinas/instansi, Polri, dan TNI) dan Sistem Informasi Crisis Center dalam rangka pengamanan Asian Games tahun 2018.

 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Suhardi Alius, mengingatkan segala kemungkinan bisa saja terjadi. Termasuk pula ancaman-ancaman terorisme dari berbagai sumber ataupun masalah kimia. Kegiatan ini, dilakukan sebagai antisipasi awal terhadap hal-hal yang tidak diinginkan pada penyelenggaraan Asian Games 2018.

 

Dengan latihan ini dapat meningkatkan kemampuan personel, katanya, kemarin. Selain itu, latihan ini pula dapat meningkatkan peran masing-masing instansi agar bisa berkolaborasi dengan baik. Sehingga penanggulangan bencana maupun pencegahan dapat dilakukan dengan cepat.

 

Pada latihan ini, ada tiga hal yang diamankan. Pertama, adalah masalah orangnya, kemudian tempat, dan barang. Termasuk pula pergerakan ketiganya menjadi sasaran.

 

Nah, pergerakan terpadu dan terintegrasi ini mudah-mudahan bisa laksanakan, dan ini tidak akan berhenti, ucapnya, didampingi oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara.

 

Karena itu, tahun depan pihaknya akan menggelar latihan lagi namun dengan simulasi yang lebih dekat dengan kondisi yang sebenarnya (riil). Dengan latihan yang seperti ini dapat mengantisipasi sebaik mungkin, juga personel lebih peka terhadap hal yang mencurigakan.

 

Personel hanya perlu memantapkan latihan dan memaksimalkan waktu di lapangan dengan kondisi sebenarnya, sebutnya. Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, meyakinkan pengamanan Asian Games di kota Palembang lebih mudah daripada di Jakarta.

 

Mengingat, kawasan ini sudah mengintegrasikan tempat penginapan atlet dengan venue olahraga. Tapi kami bersyukur semua fasilitas Asian Games di Jakabaring itu sudah terintegrasi antara penginapan dan venue olahraga sehingga pengamanan lebih mudah, hanya satu tempat, katanya.

 

Gubernur Sumsel pun mengucapkan terima kasih kepada Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya yang telah mempersiapkan secara detail bagaimana penanganan terhadap potensi ancaman-ancaman yang akan terjadi nantinya.

 

Saya mengucapkan terima kasih pada Polri, TNI. Dari hasil latihan ini, akan kami adakan evaluasi untuk kemudian jadi bahan latihan pada mitigasi yang kedua, tuturnya.

 

Ia turut mengimbau agar pengamanan dipersiapkan mulai dari pintu gerbang masuknya, tak luput pula saluran tegangan tinggi yang menyalurkan listrik, pipa gas di seputaran JSC.

 

Jadi, ini sangat komprehensif dan memerlukan integrasi di antara instansi terkait, tandasnya. 

SHARE