Home Informasi Berkala Hadiri Sosialisasi Pengawasan Dana Desa, Ini yang Disampaikan Kapolres Pati

Hadiri Sosialisasi Pengawasan Dana Desa, Ini yang Disampaikan Kapolres Pati

0

Polres Pati Polda Jateng – Kepala Kepolisian Resor Pati AKBP Maulana Hamdan, S.I.K bersama dengan jajaran Forkopinda lainya menghadiri kegiatan Focus Group Discussion sosialisasi upaya penanggulangan penyelenggaraan dana Desa, di Aula Pendopo Kabupaten Pati. Rabu Pagi (08/11/2017)

Tampak hadir Bupati Pati H. Haryanto SH MM M.Si, Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan, S.I.K, Dandim 0718 Pati diwakili Pasi Intel Kodim 018 Pati, Waka Polres Pati, Para Kabag Polres Pati beserta Kasat Binmas Polres Pati, Bapeda Kab. PatiBapermades dan KependukcapilKapolsek Jajaran Polres Pati Peserta sosialisasi dari Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa dan Lurah Se Kabupaten Pati.

Disampaikan Bupati Pati H. Haryanto bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun komunikasi antara Kepolisian dan Instansi lainnya dengan pemerintahan Kabupaten Pati untuk bersama-sama mengawasi dana desa.

Dana desa menjadi anugrah, tapi bisa menjadi musibah. Tercatat sebanyak 287 Kades di Indonesia tersangkut masalah korupsi. Dana desa naik dan harus ada pengawasan serta pembinaandan Kami sudah membentuk tim untuk melakukan pengawasan internal”. Ujarnya

Sementara itu Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan, S.I.K, menyampaikan bahwa Negara memberikan dana Desa guna menunjang pembangunan dan mewujudkan pemerintah Desa yang mandiri. Polri sudah melakukan MOU dengan Kemendagri bersama instansi terkait untuk mengawasi dan mencegah pelanggaran Penyelahgunaan Anggaran Dana Desa.

Anggaran dana Desa merupakan anggaran dari pemerintah untuk desa dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan lancarnya pembangunan desa. Oleh karenanya semua harus memahami tentang dana desa dan aturan penggunaannya sehingga dapat menjalankannya dengan baik,” kata Kapolres.

Lanjut Kapolres, anggaran dana Desa yang diberikan sejak selama 3 tahun naik kini tahun 2017 menjadi 60 Trilyun dan harus ada pengawasan sehingga penggunaannya sertapenyerapannya dapat dilakukan dengan baik. Berkaitan dengan pencegahan penyalahgunaan dana desa, pihak kepolisian sudah melaksanakan kunjungan ke kepala desa melalui bhabinkamtibmas untuk koordinasi dan selalu mengingatkan pihak desa agar dalam penggunaannya digunakan sesuai dengan aturan.

Mari kita bersama-sama mendampingi, mengawal dan rutin dalam mengingatkan desa agar dalam penggunaan anggaran tidak menyalahi aturan sehingga program pemerintah dana desa dapat digunakan dengan baik dan dapat mensejahterakan masyarakat Desa,” pungkasnya.

(Humas Polres Pati)

SHARE