Home POLDA JAWA TENGAH Hari Pahlawan, Forkompimda Sukoharjo Gelar Upacara di Halaman Pemkab

Hari Pahlawan, Forkompimda Sukoharjo Gelar Upacara di Halaman Pemkab

0

Polda Jateng, Sukoharjo – Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia, mereka dengan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Sebagai tanda momentum memperingati Hari Pahlawan, Jajaran Forkompimda Sukoharjo menggelar upacara di halaman Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo, Jumat (10/11/2017).

Dalam upacara ini, sebagai inspektur upacara Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya, SH, MH yang dihadiri Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, SIK, MH, MSi, dan jajaran Forkompimda Sukoharjo dan Pejabat Instansi terkait, pelajar dan tamu undangan.

Peringatan hari Pahlawan pada tahun ini mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”, makna dari tema tersebut adalah apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Dalam momentum hari Pahlawan kali ini, kita sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para Pahlawannya. Peringatan hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”, ujar Bupati Sukoharjo.

Lebih jauh Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya mengatakan bahwa para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita, bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya, kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya, yakni berdaulat adil dan makmur.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni perstiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya.

Sebuah Peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan, bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan meyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bupati Sukoharjo juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya, menjadi Pahlawan bagi diri sendiri, Pahlawan bagi lingkungan, Pahlawan bagi masyarakat, maupun Pahlawan bagi negeri ini.

SHARE