Home POLDA JAWA TENGAH Jaring Kangmas, Kapolres Sukoharjo Ingatkan Bhabinkamtibmas jadi Fasilitator

Jaring Kangmas, Kapolres Sukoharjo Ingatkan Bhabinkamtibmas jadi Fasilitator

0

Polda Jateng, Sukoharjo – Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo Polda Jateng AKBP Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si. didampingi Wakapolres Sukoharjo, Kompol M. Ifan Hariat. T. S.H., S.I.K. bersama pejabat Polres Sukoharjo melaksanakan tatap muka dengan tokoh masyarakat (tomas), tokoh agama (toga),  dan tokoh pemuda  (toda) wilayah Kecamatan Nguter Sukoharjo dalam kegiatan Jaring Kangmas (Jagongan Ringan Ngobrol Kamtibmas) di Pendopo Kantor Balai Desa Gupit Kecamatan Nguter Sukoharjo, Kamis (02/11/2017) malam.

Kapolres Sukoharjo dalam sambutannya mengatakan, Jaring Kangmas merupakan istilah dari kegiatan Polres Sukoharjo untuk memudahkan masyarakat mengingat kegiatan yang diselenggarakan Polres Sukoharjo untuk berperan aktif bersama dalam menjaga situasi Kamtibmas di lingkungan masyarakat.

“Karena keamanan bukan hanya tanggung jawab Polri saja, ya kalau mau aman kita gugah dan ajak kepada seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga Kamtibmas. Kami punya slogan dalam keadaan Suka maupun duka kami ada bersama masyarakat,” kata Kapolres.

Lebih jauh, Kapolres Sukoharjo menuturkan salah satu konsep kinerja jajarannya melalui peran Bhabinkamtibmas dengan masyarakat. “Bhabinkantibmas saya kedepankan dengan penempelan Stiker ke rumah-rumah karena Bhabinkamtibmas kesehariannya berada di desa binaan dan ditengah-tengah masyarakat yang merupakan ujung tombak Polri dalam mendeteksi dini suatu hal,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres menerangkan bahwa kehadiran Bhabinkamtibmas merupakan solusi untuk memecahkan masalah di desa dengan pola jemput bola. “Kami tidak hanya menunggu laporan dari masyarakat terkait permasyalahan di masyarakat, jadi sebelum permasalahan timbul kami sudah berada di tengah-tengah masyakat untuk meminimalisir permasalahan yang akan timbul,” tandasnya.

“Kehadiran Bhabinkamtibmas ini diharapkan menjadi fasilitator dalam pemecahan masyalah ” sehingga tidak meluas atau menjadi permasalahan yang besar,” imbuhnya.

Sementara, Camat Nguter, Sumarno, S.Sos. mewakili masyarakat Nguter Sukoharjo berharap kegiatan Jaring Kangmas dapat kembali diselenggarakan kembali di lain kesempatan. Karena menurutnya masyarakat Nguter menyambut baik atas terselenggaranya acara Jaring Kangmas, sehingga semua mendapatkan wawasan baru terkait dengan Kamtibmas.

“Terima kasih, semoga kegiatan seperti ini sering dilaksanakan dengan harapan masyatakat kami bertambah wawasan dan bisa berperan aktif bersama Polri untuk menjaga Kamtibmas,” tutur Camat.

SHARE