Home Informasi Setiap saat Jelang Pilgub Panwaslu Kabupaten Batang Lakukan Koordinasi Stakeholder

Jelang Pilgub Panwaslu Kabupaten Batang Lakukan Koordinasi Stakeholder

0

Humas.polri.go.id – Polda Jateng – Polres Batang – Jelang Pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah tahun 2018, Pemilihan Legeslatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, sejak dini Panwaslu Kabupaten Batang lakukan persiapan intens. Sebagai langkah awal yang diambil dengan menggandeng Stakeholder  dengan menggelar rapat Koordinasi  di Hotel Sendang Sari Batang, Senin (6/11).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Batang Wihaji, Dandim 0736/Batang Letkol Infanteri Fajar Ali nugraha, S.Sos., Kapolres Batang Polda Jawa Tengah AKBP Edi Suranta Sinulingga, S.I.K., yang diwakili Kasubbagdalops Kompol Suwandi, Rektor UNIKAL, Ketua Panwaslu kabupaten Batang A. Soeharto, S.h., M.H., Polres Batang, dan Kodim 0736/Batang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Wihaji menyampaikan harus ada koordinasi yang baik antara stakeholder yang ada di Kabupaten Batang, hal ini penting karena dengan adanya koordinasi yang baik kita telah mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Diharapkan nantinya para Camat, kapolsek, danramil, pengawas tingkat desa (PPL), babinsa, dan kepala desa secara terintegritas bekerja bersama demi pemilu yang nyaman dan kondusif.

“Nantinya untuk masing masing stakeholder harus mempunyai Petunjuk Teknis (Juknis)  yang dirancang bersama dan bisa dipahami bersama. Karena nantinya ini menjadi pegangan dilapangan untuk para pengawas Pemilu (Panwaslu) sekaligus menjadi bahan untuk pembuatan laporan pemilu”, Ujar Wihaji

Ia menuturkan, melalui koordinasi antar stakeholder tersebut, kami ingin memastikan agar pengawalan proses pemilu berjalan lancar dan taat aturan hukum. Kita juga harus mengawasi Media Sosial yang sekarang ini perkembangannya sangat pesat, jangan sampai telinga kita tipis dengan adanya penyebaran berita – berita “Hoax”.

Dikatakan, bahwa masyarakat sekarang mempunyai tingkat kesadaran terhadap Pilgub, Pilpres dan Pileg yang sangat tinggi. Rakyat sekarang sangat sensitife terhadap pemberitaan atau isu – isu tentang pemilu mereka mendengarkan memahami betul mana yang sekirannya pantas untuk dijadikan pemimpin.

“Bersama sama mari kita bangun komitmen untuk mensukseskan Pilgub 2018 nanti, jangan sampai ada banyak permasalahan yang timbul. Jujur mengikuti nurani, prinsip mengikuti nurani, dan konsisten mengikuti nurani itu bekal yang harus dimiliki oleh setiap pengawas pemilu,” tambah wihaji

Ketua Panwaskab Batang Ahmad Suharto mengungkapkan, untuk mengawal proses pemilu 2018 dan 2019 panwaslu tidak mungkin melakukan pengawasan sendirian. Kerjasama partisipasi koordinasi dan sinergitas antara stakeholder sangat dibutuhkan.

“Artinya, partisipasi masyarakat sangat penting untuk aspek pengawasan. Semakin tinggi masyarakat ikut terlibat didalam pemillu maka semakin baik kualitas demokrasi di Negara ini, ini menandakan bahwa masyarakat sekarang peduli dengan proses politik yang akan menentukan nasib mereka,” jelasnya.
SHARE