Home Informasi Serta Merta Kapolres Asahan Lantik ‘TIM PAUS”

Kapolres Asahan Lantik ‘TIM PAUS”

0

Kamis (02/10) pukul 08.00 Wib di Lapangan Apel Polres Asahan, Kapolres Tanjungbalai AKBP Tri Setyadi Artono, SH, SIK, MH mengikuti Upacara pelantikan TIM pemberantasan Narkoba yang di beri nama “TIM PAUS” (Pendekar Asahan Urusan Sapu bersih) Narkoba.
TIM PAUS melibatkan unsur 3 Pilar Plus yang terdiri dari TNI/POLRI dan Pemerintahan Kab. Asahan, para Penegak Hukum, serta ditambah elemen masyarakat seperti Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Organisasi Kepemudaan, Lembaga lembaga kemasyarakatan, MUI dan Forum Komunikasi Umat Beragama.
Upacara pelantikan TIM PAUS di pimpin langsung oleh Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, SIK, M.Si. Ditandai dengan penyematan dan pemberian Topi TIM PAUS kepada 4 (empat) orang perwakilan.
Dalam kegiatan tersebut turut hadir Anggota Komisi III DPR RI H. Ali Umri, SH, M.Kn, Wakil Bupati H. Surya, B.Sc, Dandim 0208/Asahan (diwakili), Dan Yon 126/Kala Cakti (diwakili), Dan Lanal Tanjung Balai Asahan (diwakili), Ketua Pengadilan Negeri Asahan (diwakili), Kajari Asahan (diwakili) dan Ketua DPRD Asahan (diwakili).
Dalam sambutannya Kapolres Asahan mengatakan, dalam melaksanakan amanat undang undang, Sat Narkoba Polres Asahan memiliki 3 fungsi yaitu Preemtif, Preventif dan Represif. Mencermati hal tersebut Kapolres Asahan mengharapkan kepada seluruh Stakeholder mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi, baik secara taktis teknis, maupun strategis, agar potensi peredaran, penyalahgunaan narkoba yang terjadi bisa di minimalisir, sehingga tercipta masyarakat Kab. Asahan yang bebas narkoba,” kata AKBP Kobul Syahrin Ritonga
“Pelaksanaan TIM PAUS ini menindak lanjuti Nawa Cita Presiden Republik Indonesia yang dijabarkan dengan Program Prioritas Kapolri yang disebut Program Promoter (Profesional, Modern, dan Terpercaya), bahwa untuk mewujudkan program dan kebijakan tersebut, Polri sebagai penggerak Revolusi Mental, guna mewujudkan Citra Positif, Polri khususnya Satuan Narkoba, yang didukung oleh Satuan Fungsi lainnya dapat melaksanakan kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan.
Kapolres Tanjungbalai AKBP Tri Setyadi Artono, SH, SIK, MH disela sela kegiatan berharap dengan di bentuknya TIM yang di beri nama PAUS yang melibatkan masyarakat, dan tokoh agama, tokoh pemuda, LSM, Media, dapat membantu tugas Polri dengan maksud dan tujuan memberantas peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Asahan,” Kata AKBP tri Setyadi
Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi / Ikrar Bersama sama oleh Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Akademisi, MUI, ORMAS, LSM, mengatasnamakan Masyarakat Kabupaten Asahan menyatakan “Pertama deklarasi Menolak Narkoba dan Minuman Keras yang berdasarkan agama dan peraturan per undang undangan, dilarang diedarkan, diperjual belikan, dibawa, disimpan, maupun dikonsumsi.
Kedua, deklarasi yang menyatakan Akan membantu pihak berwajib untuk memberikan informasi sebagaimana poin 1 (satu) tersebut diatas, baik yang diketahui sendiri, dilihat, maupun didengar. Acara diakhiri dengan Pembacaan Doa bersama, kemudian memberikan santunan anak yatim piatu sebanyak 100 orang. (ms)

SHARE