Home Informasi Setiap saat Kapolres Batang Bekali Bhabinkamtimas Etika Dan Teknis Pengawasan Dana Desa

Kapolres Batang Bekali Bhabinkamtimas Etika Dan Teknis Pengawasan Dana Desa

0

Humas.polri.go.id – Polda Jateng – Polres Batang – Kapolres Batang Polda Jawa Tengah, AKBP Edi Suranta Sinulingga minta pada personel Bhabinkamtibmas untuk membuat rasa aman dan nyaman kepada kepala desa terhadap pengawasan polisi dalam penggunaan dana desa setelah ditandatanganinya nota kesepahaman antara Kepolisian RI, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Kegiatan ini memiliki urgensi yang sangat penting karena langkah pendampingan dana desa yang dilakukan bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kinerja Polri, jangan sampai membuat rasa takut para Kades melainkan sebaliknya harus memberikan rasa aman dan nyaman tentang penggunaan dana desa sesuai dengan regulasinya,“ kata Kapolres Batang AKBP Edi S. Sinulingga, S.I.K. saat memberikan pembekalan pada seluruh personel Bhabinkamtibmas Polres Batang tentang Etika Pengawasan Dana Desa yang berlangsung di rupatama setempat, kemarin.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan mekanisme bhabhinkamtibmas dalam melakukan pendampingan,  pengawasan maupun penindakan pada kades maupun para perangkat desa yang melakukan penyelewengan dana desa di daerah binaanya.

Dalam arahannya Kapolres juga menekankan langkah – langkah persuasif  Bhabinkamtibmas yang digunakan dalam rangka  pengawasan dana desa, seperti mendorong Kades untuk mempublikasikan penggunaan dana desa yang ditempatkan dilokasi yang mudah diakses masyarakat.

“Kami bekali langkah – langkah persuasif salah satunya seperti mengajak Kades untuk membuat publikasi penggunaan anggaran dana desa sebagai bentuk  transparansi, ” tandas Kapolres  alumni Akpol Th. 2000 itu.

Ia menegaskan kembali pada bhabinkamtibmas untuk memberikan pemahaman pada Para Kades agar tidak perlu takut terhadap adanya pengawasan polisi.

“Yang jelas tidak ada niatan dari Polri untuk menakut nakuti aparatur desa dalam hal ini kepala desa yang akan menggunakan dana desa. Kita akan mendukung supaya dana desa itu nanti benar benar dipergunakan sesuai dengan peruntukannya,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga menjadi momen untuk para Bhabinkamtibmas menyampaikan situasi di daerah binaannya, khususnya terkait penggunaan Dana Desa. Hal inilah yang diharapkan Kapolres Batang.

“Karena  dengan komunikasi dua arah yang efektif akan memperoleh feedback berupa kendala – kendala dilapangan yang selanjutnya petunjuk cara bertindak dapat diberikan secara langsung oleh pimpinan,” tuturnya.

Selain mendapatkan arahan dari Kapolres, para Bhabinkamtibmas juga mendapatkan petunjuk teknis terkait sistem pelaporan pengawasan dana desa dari Wakapolres Batang dan Kasat Binmas.

SHARE