Home Informasi Serta Merta Jalin Komunikasi Sosial, Kapolres Blora Jangong Kamtibmas Bersama Warga Desa Tawangrejo, Kunduran

Jalin Komunikasi Sosial, Kapolres Blora Jangong Kamtibmas Bersama Warga Desa Tawangrejo, Kunduran

0

Sebagai wujud penciptaan dan pemeliharaan keamanan serta ketertiban masyarakat, Kapolres Blora AKPB Saptono, S.I.K, M.H bersama PJU kemarin malam, Rabu (1/11/2017) menggelar acara Komunikasi Sosial  Kamtibmas di Pos Kamling Rt.2 Rw.3 Desa Tawangrejo Kecamatan Kunduran, Blora.

Jagongan Kamtibmas sendiri merupakan program terobosan kreaktif Polres Blora yang bermakna Jelajah (berkeliling), Gropyok (bersama-sama), Mireng (mendengarkan) dan Angon (memelihara, mengendalikan) untuk menciptakan Kamtibmas. Kamis (02/11/17).

Kapolres dalam sambutannya mepenyampaiakan, himbauan kepada seluruh tokoh untuk ikut serta memelihara kamtibmas di lingkungannya masing-masing.

“Salah satu yang menjadi ancaman besar adalah berkembangnya paham radikalisme dan terorisme yang bertujuan untuk mengganti ideologi negara  Pancasila dan UUD 1945 menjadi berdasarkan agama tertentu,” kata Kapolres.

“Hal ini ditambah dengan beredarnya berita bohong atau hoox yang menyebarkan kebencian antar masyarakat,” tambahnya.

Untuk penyebaran ujaran kebencian sendiri, lanjut Kapolres, akan ada konsekuensi hukum sesuai dengan Surat Edaran Kapolri nomor : SE/6/X/2015. Sehingga siapapun yang melakukan ujaran kebencian, terlebih lagi melalui media sosial, dapat diproses hukum.

“Oleh karenanya, saya minta kepada seluruh warga masyarakat untuk mengantisipasi dan mencegah hal tersebut berkembang di lingkungannya masing-masing,” terang AKBP Saptono.

Didepan para tokoh Kunduran, Kapolres juga menyinggung mengenai permasalahan tahun  2018 akan ada Pilkada serentak sehingga masyarakat tetap menjaga wilayahnya agar tetap Kondusif. Karena  Polri dan TNI jumlahnya sangat terbatas sehingga dengan adanya Pam Swakarsa sangat membantu petugas.

Mensikapi dengan perkembangan teknologi untuk tidak mudah menerima berita hoax dan harus selektif dalam menerima informasi.

“Kita wajib bersyukur karena diwilayah Kunduran kususnya dan Blora pada umumnya tidak terdapat jaringan Teroris dan faham Radikalisme, Namun diwilayah kecamatan Blora Kota ada kelompok tertentu yg ingin mendirikan masjid ditolak oleh warga karena dengan alasan masjid  tersebut  digunakan oleh kelompok tertentu sedangkan mestinya bangunan masjid digunakan semua orang yang beragama Islam.” Bebernya.

Kapolres berharap semoga generasi muda sebagai generasi penerus bangsa akan lebih baik. Karena seribu nasehat/omongan akan lebih baik dengan satu contoh perbuatan yg baik.

Sementara Camat Kunduran Bapak Suherman dalam Sambutan mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Kapolres bersama PJU di Desa Tawangrejo. Dirinya juga menyampaikan informasi bahwa di kunduran anak-anak yang sekolah banyak yang tidak pakai helm. Mengajak kepada warga untuk antisipasi bahaya masuknya Narkoba di desa Tawangrejo jika ada orang baru untuk diwaspadai petugas kamling khususnya.

“Saya harap para orang tua agar mencegah anak-anak di bawah umur untuk mengendarai motor. Karena sangat berbahaya apalagi belum memiliki SIM. Mensikapi peredaran narkoba yang semakin marak, saya harap para pemuda tidak terpengaruh karena selain merusak kesehatan juga akan dikenakan sanksi pidana,” terang Suherman

Acara tersebut dihadiri oleh Forkompincam Kecamatan Kunduran, Kepala Ds. Tawangrejo Bapak Bambang Budi, Dan Ramil Kunduran Kapten Inf. Sudiro, Kapolsek Kunduran AKP Agus Budiyana dan tokoh agam, tokoh masyarakat serta warga masyarakat setempat. Kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar.

SHARE