Beranda Informasi Serta Merta Kapolres Sragen; Pelajar Bersepeda Lebih Sehat Dari Pada Melanggar Dalam Operasi Zebra

Kapolres Sragen; Pelajar Bersepeda Lebih Sehat Dari Pada Melanggar Dalam Operasi Zebra

0

Polres Sragen –Ratusan personil Polres Sragen di gelar dalam kegiatan Apel Gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2017, bertempat di lapangan Wira Pratama Polres Sragen pagi ini dimulai pukul 08.00 WIB, Rabu (01/11/2017).

Apel gelar pasukan di pimpin langsung Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman, diikuti oleh para pejabat utama Polres, perwakilan masing masing instansi di kabupaten Sragen serta TNI Kodim 0725 Sragen dan Denpom Sragen. Meski demikian dari sejumlah ratusan tersebut, mereka yang terlibat langsung sesuai perintah Kapolres Sragen hanyalah 77 personil, dan sebagian besar adalah personil lalu lintas.

 

Operasi Zebra Candi ini, memang mengedepankan fungsi Satuan Lalu Lintas, disampingi di dukung pula oleh personil Polres Sragen , dari staf Satuan Fungsi hingga ke 20 Polsek jajaran. Meski yang terlibat langsung hanya terbatas, namun Kapolres yakin kegiatan ini akan sangat maksimal, terlebih dengan kesolitan para personilnya di lapangan.

 

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolres membacakan amanat Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs Royke Lumowa, M.M. , bahwa pelaksanaan aple gelar pasukan Operasi Zebra ini diharapkan agar pimpinan bisa mengetahui dan mengecek secara langsung kesiapan personil serta sarana pendukung  yang akan digunakan untuk mensukseskan operasi Zebra Candi 2017 ini agar berlangsung optimal, sesuai sasaran yang telah ditetapkan.

 

Adapun sasaran prioritas dalam kegiatan operasi zebra candi 2017 sebagaimana disampaikan Kapolres , adalah kendaraan yang melawan arus, kendaraan yang menggunakan alat alat sirine maupun pelanggaran yang lain. Adapun  penekanan dalam kegiatan operasi ini adalah dalam rangka cipta kondisi menuju Natal dan Tahun baru 2018. Artinya jauh hari sebelum pelaksanaan lilin di tahun 2017, pihak Kepolisian sudah mempersiapkan sejauh mungkin dalam cipta kondisi. Kemudian penekanan yang tak kalah penting adalah pelaksanaan operasi ini dilaksanakan dengan cara cara yang humanis, menimbulkan kesadaran masyarakat karena output yang di harapkan adalah menimbulkan kesadaran masyarakat, dalam berlalu lintas untuk mewujudkan kamseltibcar lantas, “ kata Arif Budiman.

 

Cara humanis ini dikatakan Kapolres  lebih pada cara menegur  cara memberikan penyampaian, cara menyapa, cara menghentikan semuanya di berikan  secara humanis atau tidak menyinggung perasaan pengendara/ pelanggar. Sehingga dengan humanis itu, diharapkan akan lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih tertib dalam berlalu lintas.

 

“Grand strategi lainnya adalah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang berakibat fatalitas utamanya meninggal dunia. Sedangkan untuk mensukseskan operasi zebra ini, kita gerakkan sejumlah 77 personil, disamping  personil Polsek jajaran dan instansi terkait lainnya, “ lanjutnya.

 

Kapolres juga menegaskan bahwa pelajar yang melanggar, akan tetap di tindak dalam pelaksanaan operasi zebra ini. Kalau kita melihat anak anak SMP itu menggunakan sepeda motor, itu adalah sebuah keprihatinan kita. Anda bisa lihat motor dengan orangnya saja besar sepeda motornya, mengundurkan saja susah, apalagi mengendarainya, sehingga ada maksud lain dalam hal ini yaitu kita ingin menyelamatkan jiwa mereka, kalau masalah jarak tempuh dan lain sebagainya kan masih ada cara lain, misalnya bersepeda itu kan lebih sehat, “ tegas Kapolres kepada sejumlah media.

 

( HUmas Polres Sragen)

 

 

 

 

BAGIKAN