Home POLDA SUMATERA SELATAN Karena Kandungan Tripolifosfat Berdampak Bagi Kesehatan Orang Yang Mengkonsumsi Ikan Tersebut

Karena Kandungan Tripolifosfat Berdampak Bagi Kesehatan Orang Yang Mengkonsumsi Ikan Tersebut

0
Karena Kandungan Tripolifosfat Berdampak Bagi Kesehatan Orang Yang Mengkonsumsi Ikan Tersebut

Polda Sumsel – Salah satu ikan yang diselundupkan ke Indonesia adalah ikan dori (ikan patin), asal Vietnam. Ikan tersebut dilarang beredar di Indonesia khususnya Palembang, Sumatera Selatan, karena mengandung bahan tambahan pangan tripolifosfat yang melebihi standar.

Hal ini terungkap pada rapat koordinasi pemerintah melalui Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) bersama Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palembang, pada Kamis (2-11-2017).

Widodo Sumiyanto, Kepala Pusat Pengendalian Mutu, mengatakan, ada dua hal yang menyebabkan ikan patin Vietnamdilarang beredar di Indonesia. Pertama, patin Vietnam tanpa dilengkapi izin dari KKP, selanjutnya mengandung bahan tambahan pangan tripolifosfat yang melebihi standar.

Bahan tripolifosfat sebenar tidak dilarang tapi kadarnya hanya diperbolehkan sebesar 2000 tapi kandungan ngantuk itu kami temukan di dalam ikan patin sebesar 7000 di atas ambang batas kandungan tripolifosfat, katanya.

Kandungan tripolifosfat berdampak bagi kesehatan orang yang mengkonsumsi ikan tersebut. Di antaranya sistem pencernaan atau dehidrasi yang serta ada kerugian ekonomi karena sifat tripolifosfat itu menyerap air sehingga pada saat digunakan akan terserap sehingga bobot patin menjadi bertambah 30 sampai 50 persen. Kemarin kita temukan gudang di Jakarta ikan patin Vietnam sebanyak 1,3 ton, katanya.

SHARE