Home Informasi Serta Merta Ops Zebra di Sragen; Lebih Banyak Menilang Dibanding Teguran

Ops Zebra di Sragen; Lebih Banyak Menilang Dibanding Teguran

0

Polres Sragen – Ribuan kendaraan ditilang dalam kegiatan operasi Zebra Candi 2017 di Sragen dalam kurun waktu 13 hari berasal dari penindakan pelanggaran baik jajaran Sat Lantas Polres Sragen Polda Jawa Tengah ataupun imbangan operasi Zebra oleh Polsek jajaran, Selasa (14/11/2017).

 

“ini adalah angka yang cukup tinggi di banding sebelum pelaksanaan operazi Zebra, pasalnya selama ini para pelanggar hanya di berikan himbauan ataupun teguran saja, namun pada pelaksanaan operasi Zebra ini, para pelanggar di berikan sanksi lebih pada tindakan dengan menggunakan tilang, “ tutur Kasat lantas AKP Dwi Erna Rustanti mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman.

 

Pelanggaran didominasi melawan arus mencapai 421 pelanggaran. Selain itu juga cukup banyak pelanggaran menerobos lampu merah. Padahal melanggar melawan arus dan melanggar traffic light berpotensi mencelakakan orang lain, “

 

Pihaknya menyampaikan banyak tilang di jalur Sistem Satu Arah (SSA) pada kendaraan bermotor. Pelanggaran jalur ini banyak ditemukan di Jalan Meteor dan Jalan Setia Budi. Beberapa alasan warga yang melanggar jalur ini, di antaranya karena ketidaktahuan, atau disengaja.

 

”Rambu sudah jelas dipasang, dan sosialisasi selama 1 bulan telah diberlakukan, untuk itu, Satlantas akan tetap memberikan tilang kepada pelanggar jalur SSA,” lanjutnya.

 

Dwi Erna juga menyampaikan pelanggaran lain seperti kelengkapan surat-surat seperti STNK, SIM. Melanggar marka jalan, Sabuk pengaman, tidak memakai helm, melebihi muatan, tidak menyalakan lampu (light on).serta berboncengan melebihi ketentuan.

 

Mereka ditilang lakukan pelanggaran, karena saat diperiksa tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat berkendara,  juga ada yang ditilang karena atau tidak menyalakan lampu di siang hari, saat dipergoki petugas razia operasi Zebra di titik daerah yang dinilai rawan kecelakaan dan kemacetan. Selain itu, kendaraan yang dipreteli maupun rubah bentuk langsung disita. Begitu juga dengan knalpot brong juga disita.

 

Operasi zebra ini juga menyiapkan operasi lilin candi dan tahun baru 2018 mendatang, harapannya pada saat tahun baru masyarakat dapat tertib. Bengkel juga sudah kami beri himbauan agar tidak memasang knalpot brong, tidak hanya sekali tapi kontinyu,  ” ujarnya.

(Humas Polres Sragen)

SHARE