Home Informasi Serta Merta Panwas Blora Gelar Rapat Koordinasi dengan Stakeholder Pemilu 2019

Panwas Blora Gelar Rapat Koordinasi dengan Stakeholder Pemilu 2019

0
Blora – Telah berlangsung Rapat Koordinasi dengan Stakeholder Penyelenggaraan Pemilu Serentak, Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019, hari ini Rabu (8/11/2017) di Aula di Hotel Almadina, Kabupaten Blora. Acara resmi dibuka oleh Kapolres Blora AKBP Saptono, SIK, MH, yang diwakili Kabag Ops Polres Blora Kompol Zuwono, SE., M.Si turut hadir dalam kegiatan pagi ini Kapolsek sejajaran Polres Blora, Danramil sejajaran Kodim 0721 Blora dan perwakilan dari kecamatan serta LSM, para Ketua dan Pengurus Partai Politik yang diperkirakan berjumlah sekitar kurang lebih 70 orang.
Kapolres Blora yang diwakili oleh Kabag Ops Res Blora Kompol Zuwono, SE,Msi tentang Peran Polri dalam Pemilu di Kab Blora adalah Penanganan Masalah Pemilu di lapangan jangan sampai tidak bisa diselesaikan karena ketidakmampuan anggota Panwaslu. Polri bersikap Netral dalam pemilu/Pilkada. Penyelenggaraan Fungsi Kepolisian yang meliputi Harkamtimas, Gakkum, Perlindungan, Pengayoman, Pelayanan kepada Masyarakat. Polri memiliki tujuan yang sama yaitu menjadikan Pemilu sukses sesuai dengan tugasnya masing-masing. Polri memiliki kewenangan tindakan hukum apabila ada pelanggaran dalam Pemilu/Pilkada.
Penyampaian Materi oleh Dandim 0721 Blora yg diwakili oleh Kapten Surana tentang peran TNI dalam Pemilu di Kab Blora-Tugas Pokok TNI adalah Menegakan kedaulatan Negara, mempertahankan Keutuhan NKRI yg berdasarkan Pancasila,UUD 1945.Terwujudnya Netralitas sikap prajurit dan PNS TNI pada pemilu maupun Pilkada, mudah mudahan dalam Pemilu tahun depan bisa berjalan dengan aman dan terkendali.
Ketua Panwaskab Blora Lulus Mariyonan, SP dalam sambutannya mengatakan, bahwa pada hari ini kami Panwas sengaja mengadakan acara ini karena merupakan agenda kami dan rapat ini tidak diadakan pada hari ini saja dan akan dilaksanakan beberapa kali kedepan. Dalam pemilu ini kita bekerja sama dengan semua stakeholder dengan tujuan untuk menjaga hak pilih rakyat seluruh Blora, kami mohon kepada pesertanya untuk memaksimalkan rakor/acara ini. Tujuan kami /Panwaslu adalah untuk menjadikan pemilu yang Luber,Jujur dan berkwalitas.
1
Penyampaian materi oleh anggota Panwas Kab Blora Sugie Rusyono.SIP Hakekat Panwas mengacu pada UU No.7 Tahun 2017 fungsi Bawaslu adalah melakukan pengawasan pencegahan dan Penindakan serta memutus sengketa Proses. Tugas dan wewenang Bawaslu adalah Melakukan Pencegahan dan Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Proses Pemilu, Pengawasan seluruh tahapan pemilu, mencegah Praktek Politik uang, Mengawasi Netralitas ASN, TNI, Polri, pengawasan pelaksanaan peraturan KPU dan lainnya sesuai dengan UU.No 07 tahun 2017 dilanjutkan dengan tanya jawab dan acara telah selesai pada pukul 12.00 wib dan berjalan dengan aman dan kondusif.
( Humas Polres Blora)
SHARE