Home POLDA JAWA TENGAH Pentingnya Pendidikan Moral, Polisi Lakukan Penyuluhan Pada Pemuda Desa Kepuh Limpung

Pentingnya Pendidikan Moral, Polisi Lakukan Penyuluhan Pada Pemuda Desa Kepuh Limpung

0

Humas.polri.go.id – Polda Jateng – Polres Batang – Pendidikan adalah suatu proses pendewasaan yang harus di lalui oleh setiap manusia dan membentuk kemandirian bagi individunya.

Hal itu disampaikan PS. Kasi Humas Polsek Limpung  Polres Batang Polda Jawa Tengah Aiptu Ernawan, S. Pd saat memberikan penyuluhan pendidikan moral dan motivasi kerja pada pemuda desa Kepuh  Limpung,bertempat di kantor balai desa Kepuh kecamatan limpung kabupaten Batang, kemarin.

Dalam kegiatan tersebut di ikuti oleh, perangkat desa, tokoh masyarakat , pemuda desa ,karang taruna dan mahasiswa KKN Unnes Tahun 2017.

Kasi Humas Polsek Limpung Polres Batang Aiptu Ernawan juga mengatakan pendidikan moral sangat perlu di sampaikan kepada pemuda agar tidak terjadi penyimpangan moral yang berujung melanggar norma norma yang ada baik norma kesusilaan, agama dan hukum

“Pendidikan moral atau lebih sering di sebut budi pekerti bertujuan untuk mengatur tingkah laku kita sejauh mana berperilaku yang baik dan meninggalkan yang buruk,” jelas Kasi Humas Aiptu Ernawan, S. Pd.

Alumni IKIP PGRI Semarang sekarang UPGRIS jurusan PPKN Semarang juga menjelaskan bahwa kenakalan remaja, tawuran, sex bebas dan penyalahgunaan Narkoba adalah bentuk dari penyimpangan moral.

“Moralitas sangat di perlukan dalam pembangunan bangsa ini yang lebih parah dalam pergaulan adalah penurunan nilai moral dalam bertingkah laku, jangan sampai kita orang timur sering berperilaku yang tidak baik,” tuturnya.

Kegiatan yang di motori oleh KKN Unnes sengaja mengambil tema tersebut agar penyimpangan moral yang mengarah kepada kriminalitas dapat di tekan.

Ketua panitia Fitri mahasiswa Pendidikan Tekhnik elektro menyampaikan bahwa kemajuan Zaman dapat membawa pengaruh yang negatif bagi remaja dan pemuda bila tidak dapat mencerna atau mempunyai filter dalam menerima sebuah informasi.

 “Pengaruh media sosial yang mudah di lihat lewat internet di khawatirkan dapat merubah perilaku dalam pergaulan, makanya kami meminta pemateri dari polsek limpung untuk menjelaskan tentang pentingnya pendidikan moral yang di dalamnya di jelaskan penyimpangannya termasuk sanksi hukum normatifnya,” ujar Fitri.
Kepala desa Kepuh Ahmad Mubarok yang mengikuti kegiatan tersebut hingga akhir sangat mengapresiasi materi yang di sampaikan.
“Moralitas etika dalam bergaul dengan sesama dan orang tua harus senantiasa di jaga, jangan sampai kita orang jawa ora njawani atau karakter mental orang jawa sudah mulai luntur atau hilang,Terimakasih kepada Polsek Limpung atas materi yang sudah di sampaikan semoga bermanfaat,”  ucap Kades Kepuh.

Hal yang sama juga di sampaikan dosen Unnes Rifki Komarullah, S. Pd. M. OR yang turut hadir dan turut memberikan motivasi kepada seluruh pemuda desa.

“Sudah menjadi kewajaran ketika polsek turut membina warganya, termasuk memberikan pesan dan membimbing warga binaanya guna menjadikan masyarakat damai dan santun dalam lingkungannya,” tambahnya.

Terpisah Kapolsek Limpung AKP Raharja SH MH menyampaikan bahwa pendidikan moral atau budi pekerti sangat mencerminkan budaya bangsa kita sehingga harus tetap terjaga dan lestari.

“Terbukanya cakrawala dunia yang dapat di akses pada dunia  harus dapat di ambil manfaatnya guna mendukung pembangunan,di sinilah mental dan moralitas bangsa kita sedang di uji oleh kemajuan Zaman, jangan mudah terpengaruh hal yang bersifat negatif,moralitas dan tingkah laku sebagai filternya,” pungkas Kapolsek.

SHARE