Home Informasi Berkala Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2017 Polres Blora

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2017 Polres Blora

0

Operasi Zebra Candi dilaksanakan setiap Tahun yang digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia dengan tujuan meningkatkan ketertiban pengguna jalan di seluruh Indonesia.

Rabu 1/11/17 Telah digelar Apel Gelar Operasi Zebra tahun 2017 yang dilaksanakan di Halaman Polres Blora yang diikuti dari berbagai instansi terkait seperti Polri, TNI, Dishubkominfo, dan Satpol PP dengan Kapolres Blora sebagai Inspektur Upacara.

Koordinasi bersama antar Instansi Pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcar lantas, sehingga keterpaduan langkah dapat menunjang pelaksanaan tugas secara maksimal. Amanat Undang-undang No. 22 Th 2009 Tentang Lalu lintas dan Angkutan jalan adalah bagaimana untuk :

1. Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).
2. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.
3. Membangun Budaya Tertib Berlalu lintas.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Kapolres selaku pimpinan apel membacakan amanat dari Kepala Korp Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa. Untuk tahun ini, Operasi Zebra bertajuk, “Penegakkan Hukum dan Meningkatkan Kesadaran Serta Kepatuhan Masyarakat Dalam Berlalu Lintas: Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan Untuk Kemanusiaan”.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” ujar AKBP Saptono.

Disebutkan, sesuai data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2016 sejumlah 2.623 kejadian mengalami penurunan 518 kejadian -16% dibandingkan periode yang sebelumnya tahun 2015 sejumlah 3.141 kejadian. Jumlah korban meninggal dunia operasi zebra tahun 2016 sejumlah 649 orang.

Keempat poin diatas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, melainkan Sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, dan solusinya yang diterima dijalankan oleh semua pihak.

Operasi Zebra Tahun 2017 ini dilaksanakan mulai hari ini 1s/d 14 Nopember 2017., diharapkan untuk seluruh masyarakat agar mengecek lagi kelengkapan surat-surat dan kelengkapan kendaraannya sebelum bepergian untuk keselamatan kita bersama. JADILAH PELOPOR KESELAMATAN BERLALU LINTAS DAN BUDAYAKAN KESELAMATAN SEBAGAI KEBUTUHAN.

 

SHARE