Home Informasi Serta Merta Polisi Bersama Komunitas Nitizen ICW, Baksos kepada Difabel

Polisi Bersama Komunitas Nitizen ICW, Baksos kepada Difabel

0

Polres Wonogiri  — Jajaran Polsek Jatipurno Polres Wonogiri pimpinan Kapolsek Iptu Edi Hanranto, bersama komunitas nitizen atau perkumpulan warga internet dunia maya, peduli mengadakan bakti sosial (baksos) memberikan bantuan sumbangan kemanusiaan kepada kaum difabel.

Komunitas nitizen tersebut, terdiri atas Info Cegatan Wonogiri (ICW) Daerah Pilihan (Dapil) Jatisrono, Dewan Kerja Ranting (DKR) Jatipurno, dan Nitizen Akun Facebook Michaella Christian bersaudara.

Mereka peduli melakukan anjangsana ke rumah penyandang cacat berat, yakni Taryoko alias Subur (29) di Dusun Pagutan RT 1/RW 13 Desa Kopen, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Penyandang disabilitas berat yang diderita sejak lahir ini, adalah putra pasangan almarhum Paiman dan Ny Sarmi. Dia kini tinggal bersama kakeknya, yakni Mbah Wono (80) dan Nenek Sakijem (78).

Keluarga Kakek-Nenek Wono dan Sakiyem ini, sehari-harinya hanyalah bekerja sebagai buru tani. Sementara Taryoko karena menderita cacat berat, tidak mampu melakukan aktifitas kehidupan secara mandiri. Kepada keluarga ini, tim baksos gabungan Polsek dan komunitas nitize tersebut, peduli menyumbangkan uang Rp 1,5 juta. Juga melakukan renovasi tiga kamar tidur yang semula sekat dindingnya terbuat dari ayaman bambu, diganti dengan dinding berbahan calsibot, dan lantaimnya diplester semen.

Pengerjaan renovasi dinding dan pemlesteran lantai tiga kamar tersebut, mendapat dukungan dari warga sekitar, yang rela bergotong royong membantu bekerja bakti, sehingga cepat selesai. Kepada keluarga tidak mampu yang memiliki tanggungan kaum difabel ini, juga diberikan bantuan sembako.

Tim gabungan baksos, selanjutnya berpindah tempat menuju ke Dusun Komboro RT 1/RW 8 Desa Jeporo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Mendatangi rumah pasangan suami-istri Sadimin (86) dan Ny Saminah (65), yang memiliki dua anak penyandang distabiltas, yakni Nardi (45) dan Sri Lestari (39).

Kepada keluarga yang berumah secara magersari (numpang di tanah milik orang) ini, tim baksos memberikan modal usaha warung kelontong. Yakni dengan memberikan modal aneka macam komoditas kebutuhan sehari-hari, seperti mi instan, telur, sabun mandi dan sabun cuci ,sampo, pasta gigi, aneka minunan ringan, minyak goreng, beras ,kecap, saos dan lain-lain, yang nilainya Rp 2 juta.

Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora, SH, SIK melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, Rabu (1/11), menyatakan, baksos yang dilakukan jajaran Polsek Jatipurno bersama komunitas nitizen tersebut, perlu diapresiasi sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan, yang rela membantu warga yang menderita dan memerlukan pertolongan.

Kapolsek Jatipurno Iptu Edi Hanranto dan Kasi Humas Polsek Aiptu Mustafa, menyatakan, baksos yang dilakukan bersama mitra kepolisian dari komunitas nitizen tersebut, bertujuan untuk ikut meringankan beban keluarga distabilitas.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

(Polsek Jatipurno)

SHARE