Home Informasi Serta Merta Polres OKI Melaksanakan Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi 2017

Polres OKI Melaksanakan Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi 2017

0
Polres OKI Melaksanakan Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi 2017

Polda Sumsel – Kepolisian Resor Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, melaksanakan upacara apel gelar Pasukan Operasi Zebra Musi 2017, di halaman Mapolres OKI, pada Rabu (1-11-2017) pagi.

 

Apel dipimpin Wakapolres OKI, Kompol Ihsan, SH, SIK, Kasat Lantas Polres OKI, AKP Ricky Nugraha, SIK serta diikuti unsur gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) OKI.

 

Dalam amanat Kepala Kops Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs Royke Lumowa, MM., dibacakan Wakapolres OKI, Kompol Ihsan, SH., SIk., mengatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi ini dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

 

Diketahui data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2016 sejumlah 2.623 kejadian, mengalami penurunan 518 kejadian dibanding periode sama tahun 2015 sejumlah 3.141 kejadian. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia dalam operasi zebra tahun 2016.

 

Sejumlah 649 orang atau mengalami penurunan sejumlah 129 orang dibandingkan periode sama tahun 2015 sejumlah 778 orang. Untuk jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sejumlah 356.101 pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 228.989 lembar dan teguran sejumlah 127.112 lembar, kata Kompol Ihsan.

 

Kompol Ihsan melanjutkan, pihaknya menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahn bidang lalu lintas ini tidak bisa berdiam diri saja, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya, dalam hal ini menciptakan pemerintahan yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas.

 

Guna mengatasi persoalan itu, perlu dilakukan upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan mendayakan seluruh stakeholder agar dapat diambil langkah komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.

 

Untuk itu, diperlukan koordinasi bersama antara instansi pemerintahan yang bertanggung jawab didalamnya, jelas Wakapolres OKI. Pada kesempatan itu pula, Wakapolres OKI, Kompol Ihsan, SH, SIk melakukan penyematan tanda kepada anggota Polri, TNI dan Dishub sebagai tanda dimulainya operasi zebra musi tahun 2017.

 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres OKI, AKP Ricky Nugraha menambahkan adapun asaran operasi zebra musi 2017 yaitu pengendara roda dua, empat dan lainnya yang kerap melawan arus lalu lintas.

 

Ini perintah langsung dari korlantas Polri. Yakni menindak ataupun menegakkan hukum bagi pengendara yang melawan arus, ucap Kasat. Kasat melanjutkan operasi zebra musi 2017 ini akan difokuskan ke dalam Kota Kayuagung dan Jalintim OKI, terutama daerah yang rawan lakalantas. Potensi kecelakaan itu diawali adanya pelanggaran.

 

Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat selama operasi zebra 2017 terhitung mulai 1-14 November 2017 agar dapat menaati peraturan lantas.

 

Lengkapi surat menyurat, gunakan helm SNI selama dua pekan operasi ini, tuturnya.

SHARE