Home Informasi Setiap saat Polsek Limpung Polres Batang Lakukan Sosialisasi Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba Di Desa...

Polsek Limpung Polres Batang Lakukan Sosialisasi Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba Di Desa Pungangan

0

Humas.polri.go.id – Polda jateng – Polres batang – Guna memutus mata rantai peredaraan  dan mempersempit ruang gerak bandar narkoba   dengan gencar polisi melakukan pencegahan. Seperti yang dilakukan Polsek Limpung Polres Batang Polda Jawa Tengah bersama pemerintah desa Pungangan menggelar sosialisasi  bahaya penyalahgunaan narkoba pada masyarakat Desa pungangan Kecamatan Limpung Kabupaten Batang yang bertempat di Balai Desa setempat, Senin (13/11/17).

Kasi PMKS (Pemberdayaaan Masyarakat dan Kesejahteraan sosial) kecamatan Limpung Bambang Sumargono menyampaikan bahwa penyalah gunaan narkoba di negara kita sudah sangat memprihatinkan.

“Negara sudah menyatakan darurat narkoba, terlebih peredaraan narkoba sudah menyebar di semua kalangan,” ujar Bambang.

Senada, Kanit Binmas Polsek Limpung Polres Batang Ipda H. Rofi’i didampingi PS. Kasi Humas Aiptu Ernawan dan Bhabinkamtibmas Desa setempat Brigpol Dodi Handoko, S.H.,  mengatakan bahwa Presiden menyatakan negara Indonesia darurat terhadap narkoba. Karena peredaraan narkoba sudah menyebar di semua kalangan.

“Untuk itu, Polri tidak bisa bekerja sendiri namun peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk pengungkapan maupun penangkapan pelaku,” kata Kanit Binmas.

Kami mengimbau kepada para orangtua untuk lebih aktif mengawasi putra putrinya dalam pergaulan, jangan sampai terjerumus dalam pergaulan bebas dan terlibat narkoba yang akan merugikan bagi masa depanya.

“Karena racun akibat mengkonsumsi narkoba tidak bisa hilang sendiri, harus dengan ahlinya dan narkoba bisa menyebabkan kematian,” tandasnya.

Hal yang sama juga di sampaikan Bhabinkamtibmas Brigpol Dodi Handoko  bahwa sanksi hukumnya jelas bagi pengedar, produsen maupun pemakai bisa di jerat dengan UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan pemakaian obat obatan juga dapat di kenakan pasal tentang UU KesehatanNo 36 tahun 2009.

“Ancamanya sudah jelas dari hukuman kurungan, denda dan sampai hukuman mati,maka dari itu peran orang tua dan masyarakat sangat penting dalam menanggulanginya,” jelas Dodi polisi muda asal Duknn Magelang dengan sedikit canda yang membuat peserta tidak tegang.

Kepala desa Pungangan Siswono Sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai langkah dalam mengatasi masalah kriminalitas di desanya.

“Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkoba yang di paparkan Nara sumber sudah sangat jelas mencakup banyak aspek termasuk dari segi kesehatan dan hukum, yang tidak kalah pentingnya di sampaikan juga penyataan pemakai dan pengedarnya, saya mengharap kepada seluruh peserta menjadikan sosialisasi ini sebagai pengalaman karena pengalaman adalah guru sejati,”ucap Siswono.  

Senada dengan Kades Mahasiswa KKN UNNES Eka Nurul Utami menambahkan bahwa pemaparan dari narasumber polsek sangat jelas dan menarik sehingga mudah di pahami.

“Terimakasih pak Kapolsek Limpung yang sudah memberikan bimbingan kepada kami, contoh yang di sampaikan sangat jelas sehingga kita mudah mengenali bentuk dan jenis serta efek dari penggunaan narkoba itu,”  ujar Eka mahasiswi jurusan Matematika asli Rembang dengan senyum khasnya.

Terpisah, Kapolsek Limpung Polres Batang AKP Raharja, S.H. , M.H., menyampaikan untuk tidak pidana Narkoba akan di ambil tindakan dan di tangani secara profesional dan proporsional.

“Bagi masyarakat yang kecanduan akan kami dampingi untuk rehabilitasi ,saya mengharap kepada masyarakat desa pungangan tidak ragu melapor ke polsek bila terdapat pemakai dan pengedar di lingkungannya,”pungkas Kapolsek.

SHARE