Home Informasi Serta Merta Polsek Selogiri Kembali Adakan Sosialisasi Bahaya Zat Merkuri

Polsek Selogiri Kembali Adakan Sosialisasi Bahaya Zat Merkuri

0

Polres Wonogiri — Berbagai upaya pencegahan pemakaian zat merkuri, kembali dilakukan anggota Polsek Selogiri yang di wilayah hukumnya terdapat warga, yang sudah sejak lama melakukan penambangan emas secara tradisional di Kecamatan Selogiri.

Menurut Kasubag Humas AKP Haryanto mewakili Kapolres AKBP Mohammad Tora, SH, SIK mengatakan anggota Polsek Selogiri dipimpin Kanit Reskrim Polsek Selogiri IPDA Parji , dan juga didampingi Kanit Intelkam IPDA Anas Abdillah, Kanit Binmas AIPTU Agus Widodo dan Babhinkamtibmas Desa Jendi Brigadir Andi Kurniawan hadir ditengah tengah warga untuk memberikan penyuluhan mengenai sanksi hukum yang akan diterima warga apabila masih menggunakan zat merkuri dalam mengolah hasil tambang, dibalai Dusun Geritan, Desa Jendi Kecamatan Selogiri.

“Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa Jendi Ibu Suharni, dan diharapkan mampu menjembatani warga dengan pemerintah, karena selama ini dari pihak pemerintah kabupaten Wonogiri seperti dari Dinas Kesehatan dan lingkungan hidup, masih belum maksimal memberikan pengertian mengenai dampak berbahaya zat merkuri untuk lingkungan dan kesehatan warga, “ ujarnya.

Dia mengatakan kegiatan tersebut  dilakukan  sebagai bentuk dukungan kami kepada warga supaya segera mencari alternatif lain seperti sodium sianida yang lebih ramah lingkungan.

“Untuk mengolah hasil tambang, karena selain dilarang pemerintah, warga yang masih menggunakan zat merkuri untuk mengolah hasil tambang akan dijerat hukuman berat, seperti yang tertera di dalam UURI No.4 Th 2009 Pasal 161 mengenai Minerba, dengan sanksi hukuman kepada warga yang menggunakan zat merkuri yaitu kurungan selama 5 tahun dan denda maksimal sebesar 10 milyar, sebisa mungkin kami cegah dulu sebelum diambil tindakan tegas yaitu penegakan hukum. Kami tidak ingin warga Selogiri mendapatkan hukuman karena hal ini”, tambahnya.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

(Polsek Selogiri)

SHARE