Home Informasi Serta Merta Puluhan Hektare Hutan Lindung Dibabat

Puluhan Hektare Hutan Lindung Dibabat

0

Hutan lindung Lae Pondom yang merupakan DTA Danau Toba di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi tampak gundul, Rabu (8/11).
Puluhan hektare hutan lindung Lae Pondom di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi dibabat habis. Pelaku sepertinya mengkavling lahan ditandai adanya jalur masuk. Kendaraan berukuran kecil sudah bisa melintas di sana. Setidaknya, 1 gubuk berukuran besar berdiri 100 meter dari jalan raya.
Lokasi berjarak 100 meter dari Pos Polisi simpang Silalahi ke arah timur. Kayu berdiameter besar membentang di kawasan tersebut. Suara fauna hilang menyusul perusakan ekosistem.
Ketua Komisi B DPRD, Rukiatno Nainggolan melalui hubungan telepon, Kamis (9/11) menyesalkan langkah Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Utara yang terkesan lamban.
Kadis Kehutanan Sumut lamban. Lahan sudah luas dirambah. Peran polisi kehutanan entah di mana, ujar legis¬lator daerah pemilihan Kecamatan Sumbul, Silahisabungan dan Pagagan Hilir.
Pembabatan tersebut berdampak serius pada ketersediaan air irigasi di Kecamatan Sumbul. Barang¬kali, tidak terlalu lama, persawahan akan kering. Sumber air jelas dari hutan itu.
Rukiatno menerangkan, penggundulan berpotensi menimbulkan banjir bandang. Apalagi posisi hutan berada di bebukitan sementara permukiman di Desa Silalahi-Paropoi Kecamatan Silahisabungan berada di hilir dan lembah.
Diutarakan, hutan tersebut adalah daerah tangkapan air Danau Toba. Ekses perambahan diyakini berakibat serius.

SHARE