Home Informasi Serta Merta (Purn) Aiptu Soegito Dengan Segudang Tanda Kehormatan Dimakamkan di Makam Pahlawan Sragen

(Purn) Aiptu Soegito Dengan Segudang Tanda Kehormatan Dimakamkan di Makam Pahlawan Sragen

0

Polres Sragen – Kepala Bagian Sumberdaya Polres Sragen Kompol Dwi Retnowati , mewakili  Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman memimpin upacara persemayaman dan pemberangkatan jenazah almarhum Aiptu (Purn) Soegito, seorang purnawirawan anggota Polri dengan segudang bintang jasa dan tanda kehormatan.

 

Jenazah almarhum Aiptu (Purn) Soegito, diberangkatkan dengan upacara secara dinas Kepolisian di rumah duka perumahan Margo asri desa Puro kecamatan Karangmalang Sragen, menuju peristirahatannya yang terakhir taman makam Pahlawan Hastana Manggala Negara Sragen pada, Rabu (08/11/2017).

 

Purnawirawan Polisi almarhum Aiptu Soegito lahir pada tahun 1928, lulusan SR tamat tahun 1941, telah menutup usianya yang ke 92. Selama kedinasannya almarhum banyak berkecimpung di bidang reserse kriminal, dengan segudang tanda kehormatan serta tanda jasa yang di perolehnya yakni  Bintang Gerilya, Veteran gol A, Sapta Marga.

 

Selain itu, almarhum juga banyak berjasa dalam  gerakan operasi militer (GOM) di beberapa daerah konflik di Indonesia, sehingga atas kesuksesan dalam kedinasannya ini, almarhum memperoleh tanda kehormatan dalam operasi tersebut diantaranya tanda kehormatan GOM Aceh, GOM Sulawesi, GOM Irian Jaya, GOM DI/TII dan GOM Penegak PKI.

 

Atas semua tanda kehormatan serta bintang jasanya ini, almarhum layak memperoleh penghargaan yang tinggi di sebagai salah satu purnawirawan Polri yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Hastana Manggala Negara Sragen, dengan upacara dinas Kepolisian.

 

Setiba di makam pahlawan usai diberangkatkan dari rumah duka, almarhum di bawa menuju makam Pahlawan Hastana Manggal Negara Sragen, dengan penghormatan  tembakan salvo keatas menuju gerbang makam pahlawan, mengiringi  perjalananannya sebelum upacara besar dinas Kepolisian dilangsungkan, dengan diikuti oleh pasukan personil Polres Sragen serta dari TNI Kodim 0725 Sragen,  pasukan PP Polri dan Pepabri.

 

Prosesi inilah yang membuat merinding dan mengingatkan akan jasa jasa almarhum semasa hidupnya, yang telah berjuang demi bangsa dan negara ini dengan gigihnya, bahkan berhasil melalui masa masa sulit di kedinasannya sebagai pasukan Gerakan Operasi Militer (GOM) yang tak tanggung tanggung di beberapa daerah Konflik di Indonesia.

 

(Humas Polres Sragen)

 

SHARE