Beranda Informasi Serta Merta Sebanyak Delapan Pucuk Senjata Api Rakitan Diserahkan Oleh Masyarakat Ke Polres Musirawas

Sebanyak Delapan Pucuk Senjata Api Rakitan Diserahkan Oleh Masyarakat Ke Polres Musirawas

0
Sebanyak Delapan Pucuk Senjata Api Rakitan Diserahkan Oleh Masyarakat Ke Polres Musirawas

Polda Sumsel – Sebanyak delapan pucuk senjata api rakitan (Senpira) diserahkan oleh masyarakat ke Polres Musirawas. Penyerahan senpira tersebut dilakukan masyarakat melalui beberapa polsek, antara lain Polsek Muara Beliti, Polsek Muara Lakitan, Polsek Terawas dan Polsek BTS Ulu Polres Musirawas, Sumatera Selatan, pada Kamis (2-11-2017).

Di Polsek Muarabeliti, ada empat pucuk senpira yang diserahkan dan diterima langsung oleh Kapolsek Muarabeliti, AKP Tri Sopa. Terdiri dari tiga pucuk senpira laras panjang yang oleh masyarakat lokal disebut dengan kecepek dan satu pucuk senpira laras pendek jenis pistol.

Empat pucuk senpira ini diserahkan oleh masyarakat Desa Muara Kati Lama Kecamatan TPK dan Desa Durian Remuk Kecamatan Muara Beliti melalui kades masing-masing. Kemudian dari Polsek Muara Lakitan ada satu pucuk senpira laras panjang jenis kecepek yang diserahkan oleh Kades Lubuk Pandan kepada Bhabinkamtibmas Polsek Muara Lakitan.

Lalu di Polsek BTS Ulu ada satu pucuk senpira laras panjang yang diserahkan oleh Lurah Bangun Jaya kepada anggota Bhabinkamtibmas Polsek setempat. Selanjutnya di Polsek Terawas ada dua pucuk senpira yang diserahkan oleh masyarakat Desa Sukamana Kecamatan Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas.

Dua pucuk senpira jenis locok tersebut diserahkan oleh warga kepada Kasat Binmas Polres Musirawas, AKP Junaidi Lubet. Kapolres Musirawas, AKBP Pambudi didampingi Wakapolres Kompol Benny mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah menyerahkan senjata api kepada pihak kepolisian.

Juga kepada anggota dilapangan yang secara intens melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat dalam setiap kesempatan agar menyerahkan senjata api kepada pihak kepolisian.

Ia juga kembali mengimbau, kepada masyarakat yang masih memiliki, menyimpan dan menguasai senjata api agar segera diserahkan. Bagi masyarakat yang menyerahkan secara sukarela, baik langsung ke Polres Musirawas maupun melalui polsek dimasing-masing wilayah, pihaknya menegaskan, tidak akan dilakukan proses hukum. Bagi yang sukarela menyerahkan senpinya, tak akan ditindak proses hukum.

Namun jika ditemukan oleh anggota, maka akan kita proses. Kami sampaikan bahwa memiliki senjata api itu melanggar hukum, sebagaimana diatur dalam undang-undang darurat dan dapat diberikan sanksi hukum, dapat dipidana.

Apalagi jika digunakan untuk melakukan aksi kejahatan, kata Kapolres Musirawas, AKBP Pambudi, pada Kamis (2-11-2017).

BAGIKAN