Beranda Informasi Serta Merta Sidang Lanjutan Pengunggah Ujaran Kebencian Terhadap Umat Islam Lancar di Sragen

Sidang Lanjutan Pengunggah Ujaran Kebencian Terhadap Umat Islam Lancar di Sragen

0

Polres Sragen –Kapolres Sragen Polda Jawa Tengah AKBP Arif Budiman, berikan pengamanan sidang lanjutan  dengan agenda mendengarkan tuntutan pidana oleh Jaksa Penuntut Umum, menghadirkan terdakwa kasus penistaan agama Sutoto, di ruang sidang Pengadilan Negeri Sragen berlangsung siang ini, Rabu (08/11/2017).

 

Terdakwa Sutoto dalam perkara ujaran kebencian penistaan agama, didampingi kuasa hukumnya Sri Sananta dari Surakarta mendengarkan tuntutan pidana yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum dihadapan pimpinan sidang hakim pengadilan negeri Sragen  Agus Ardianto,SH,MH dan dua hakim lainnya.

 

Dalam persidangan ini dihadiri pula oleh massa dari ormas islam FUIS sejumlah 25 orang di ketuai oleh ustad Mala Kunaefi dan sejumlah tokoh islam lainnya, yang menuntut keadilan atas penistaan agama serta ujaran kebencian yang dilakukan terdakwa Sutoto melalui grub media sosial Washab yang diikuti oleh para kepala sekolah di kecamatan Sambirejo Sragen.

 

Dalam konten sebaran hoaxnya, Sutoto dianggap telah menistakan agama Islam serta menerbarkan kebencian terhadap umat Islam pada umumnya, hingga iapun akhirnya terseret ke pengadilan negeri Sragen, atas laporan para tokoh agama islam di wilayah Sambirejo Sragen, kepada Sat Reskrim Polres Sragen sejak beberapa bulan lalu.

 

Sementara dalam pembacaan tuntutan pidana dari JPU berintikan, “Menyatakan terdakwa Sutoto, spd bin Sastro Rejo telah terbukti bersalah secara sah menurut hukum  melakukan tindak pidana” dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu/kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan ( sara )” sebagai mana diatur dan diancam dalam pasal 54 A ayat ( 2) junto pasal 28 ayat ( 2) UU RI no. 19 th 2016 tentang perubahan UU RI no. 11 th 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

 

Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Sutoto, S.Pd Bin sastro rejo,  selama 2 (dua) tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan, dengan perintah tetap ditahan dan denda sebesar Rp. 50.000,000.00 (lima puluh rupiah) subsidair 2 bulan kurungan.

 

Menyatakan barang bukti berupa  1 (satu) unit Handphone merk Asus Zenfone C warna Putih dengan nomor 08132931076, dirampas untuk dimunahkan,  1 (satu) unit Handphone merk Lenovo, type S920. warna Putih, dikembalikan, 1 satu) unit Handphone merk Asus Zenfone C warna Hitam dikembalikan

kepeda saksi Moh Bud Nursah, Spd dan menetapkan agar terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp 2.000- (dua ribu rupiah).

 

Selama persidangan ini berlangsung berjalan lancar dan kondusif, dan sidang lanjutan akan digelar pada 15 Nopember mendatang dengan agenda mendengarkan tuntutan pidana dari jaksa penuntut umum.

(Humas Polres Sragen)