Home Informasi Serta Merta Tekan Laka Kapolres Gelar Pasukan Operasi Terpusat, Zebra Candi 2017

Tekan Laka Kapolres Gelar Pasukan Operasi Terpusat, Zebra Candi 2017

0

Polres Wonogiri — Hari ini, Rabu (01/11/2017) telah dilaksanakan giat Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2017 yang di gelar di Halaman Mapolres Wonogiri.

Giat tersebut di ikuti oleh Seluruh anggota Polres Wonogiri, Kanit Provos Polsek Jajaran, Kanit Binmas Polsek Jajaran, Dishub Kab. Wonogiri, TNI Kodim 0728 Wonogiri, dan Satpol PP Kab. Wonogiri.

Selaku Pimpinan Apel Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora, SH, SIK., Komandan Apel IPTU Sugihantoro, SH, MH., dan Perwira Apel AKP Dani Permana Putra, SH, SIK.

Kapolres Wonogiri, AKBP Mohammad Tora, menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lain, sehingga dalan kegiatan bisa berjalan optimal dan berhasil.

Kapolres juga menjelaskan, bahwa dari data jumlah kecelakaan lalulintas, tahun 2016 mengalami menurunan 16℅ sekitar 518, dari jumlah 2.623 kejadian. Dibandingkan pada tahun 2015 yang mencapai 3.141 kejadian.

Jumlah korban meninggal dunia operasi zebra tahun 2016 sejumlah 649 orang,

Mengalami penurunan sejumlah 129 orang atau 17%. Dibandingkan periode di tahun 2015 sejumlah 778 orang. Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sejumlah 356.101 pelanggaran dengan jumlah lilang sebanyak 228.989 lembar dan teguran sejumlah 127.112 lembar.

“Kita menyadari, bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya, dalam hal ini  menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas,” tegasnya.

Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan mengenai mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Ke 4 point tersebut merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar nasalah, dan solusinya yang diterima  dijalankan oleh semua pihak,”terangnya.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

SHARE