Home Informasi Serta Merta Tersangka Pencuri kambing Ditangkap Polisi

Tersangka Pencuri kambing Ditangkap Polisi

0

Polres Wonogiri, — Tersangka pencuri spesialis ternak kambing, ditangkap Rim Opsnal jajaran Sat Reskrim Polres Wonogiri pimpinan Kasat Reskrim AKP Muhamad Kariri. Dia mengaku bernama Karman (46), warga Dusun Pondok Kulon RT 3/RW 4, Desa Pondok, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri, AKBP Mohammad Tora melalui Kasubag Humas AKP Hariyanto, Jumat (5/11), menyatakan, untuk penanganan kasusnya, tersangka kini ditahan di Mapolres Wonogiri. Bersama tersangka, petugas menyita barang bukti sebuah sepeda motor Yamaha Mio warna hitam dengan plat nomor AD-4524-QR, lengkap dengan sarana bronjong, yang dipakai sebagai tempat membawa kabur kambing curiannya.

Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, menambahkan, tersangka Karman ditangkap Sabtu (4/11), terkait dengan laporan dari Muhamad Nuryadi (40), penduduk Dusun Nglebak RT 1/RW 8, Desa Kedunggupit, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Laporan disampaikan tanggal 30 Oktober 2017 lalu, setelah kehilangan 5 ekor kambing jenis gibas (domba) piaraannya.

Muhamad Nuryadi, menyatakan, lima ekor kambing gibas piaraannya, terdiri atas 4 betina dan satu pejantan, telah hilang dari kandangnya pada tanggal 28 Oktober 2017. Laporan kehilangan kambing ini, disampaikan ke Polsek Sidoharjo pada tangal 30 Oktober 2017, setelah pemilik gagal menemukan saat bersama tetangga melakukan pencarian.

Menyikapi laporan ini, jajaran Polsek Sidoharjo pimpinan Kapolsek AKP Sumitro, menjalin kerjasama dengan jajaran Satreskrim Polres Wonogiri, untuk melakukan penyelidikan. Hasilnya, menangkap Karman sebagai tersangka pelakunya. Dari hasil pemeriksaan pada diri Karman, terungkap bahwa pria kelahiran Wonogiri tanggal 13 April 1971 ini, telah mengakui mencuri ternak kambing di Dusun Nglebak, Desa Kedunggupit, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri.

Lima ekor kambing milik Muhamad Nuryadi tersebut, dia curi dari kandangnya pada malam hari. Kelima ternak kambing tersebut, kemudian diwadah ke dalam brongjong yang ditempatkan di boncengan sepeda motornya. ”Kambingnya saya jual ke blantik (bakul) kambing,” jelas Karman. Blantik yang disebut Karman membeli kambing hasil curian itu, bernama Sugi warga Dusun Jaimerta, Desa Kerjolor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Dari penyelidikan yang dilakukan penyidik Polres Wonogiri, terungkap bahwa Karman telah berulangkali mencuri kambing di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Itu sebagaimana dia lakukan pada pencurian 2 ekor kambing di Dusun Jurug, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Dua ekor kambing hasil curian, oleh Karman dijual ke blantik Sugi laku Rp 800 ribu. Karman juga mengaku pernah mencuri satu ekor kambing milik warga Dusun Pondok Wetan, Desa Pondok, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, dan dijual laku Rp 850 ribu.

Pada Bulan Oktober yang hari dan tanggalnya lupa, Karman, juga mencuri kambing milik warga Dusung Cengklok, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri. Mencuri 2 ekor kambing yang kemudian dijual laku Rp 900 ribu. Tanggal 29 Oktober 2017 pukul 01.00 dinihari, Karman, mencuri kambing milik warga di Dusun Malangsari, Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, dan dijual laku Rp 1,65 juta.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

SHARE