Home Informasi Serta Merta Tujuh Hari Ops Sapu Jagat Musi 2017 Polres Mura

Tujuh Hari Ops Sapu Jagat Musi 2017 Polres Mura

0
Kapolres Musi Rawas AKBP PAMBUDI, SIK Bersama Wakapolres Kompol Benny Prasetya, SIK laksanakan giat Press Release Ops Sapu Jagad Musi 2017

Musi Rawas, Sumsel – Operasi Sapu Jagat Musi 2017 yang dilakukan secara serentak di Polda Sumatera Selatan (Sumsel) dari tanggal 01 November hingga 07 November terhadap senjata api (Senpira). Polres Musi Rawas (Mura) telah melaksanakan dengan total sebanyak 38 pucuk senpira.

Senpira tersebut terdiri dari 34 pucuk laras panjang, 6 pucuk laras pendek. Semuanya hasil serahan masyarakat. Sedangkan, 4 pucuk senpira berasal dari tersangka pemilik senpira beserta satu amunisi revolver kaliber 5,56 Milimeter (MM) saat terjaring dalam operasi.
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mura, AKBP Pambudi SIK didampingi Wakapolres Kompol Benny Prasetyo mengatakan selama tujuh hari pelaksanaan Operasi Sapu Jagat Musi 2017. Pihaknya telah melakukan langkah preventif dan preentif dengan menyebar Maklumat Kapolda Sumsel tentang kepemilikan senpi, amunisi dan bahan peledak illegal.
Sebanyak 225 kegiatan dilakukann dengan penyebaran Maklumat Kapolda Sumsel sebanyak 5.118 lembar dan satu lembar spanduk imbauan oleh Satuan Binmas dan 15 Polsek di wilayah hukum Polres Mura.
Satuan Binmas Polres Mura sebanyak 15 kegiatan dengan penyebaran 447 Maklumat Kapolda Sumsel. Polsek Muara Beliti sebanyak 14 kegiatan dengan penyebaran 316 maklumat; Polsek Muara Rupit 14 kegiatan dengan penyebaran 228 maklumat; Polsek Muara Kelingi 14 kegiatan dengan penyebaran 295 maklumat; Polsek Karang Jaya 14 kegiatan dengan penyebaran 311 maklumat; Polsek Karang Dapo 14 kegiatan dengan penyebaran 290 maklumat; Polsek Nibung 14 kegiatan dengan penyebaran 303 maklumat; Polsek Rawas Ulu 14 kegiatan dengan penyebaran 313 maklumat; Polsek Rawas Ilir 14 kegiatan dengan penyebaran 327 maklumat dan pemasangan spanduk imbauan satu spanduk; Polsek Tugumulyo 14 kegiatan dengan penyebaran 322 maklumat; Polsek Purwodadi 14 kegiatan dengan penyebaran 315 maklumat; Polsek Megang Sakti 14 kegiatan dengan penyebaran 317 maklumat; Polsek Jayaloka 14 kegiatan dengan penyebaran 294 maklumat; Polsek Cecar 14 kegiatan dengan penyebaran 304 maklumat; Polsek STL Terawas 14 kegiatan dengan penyebaran 311 maklumat; Polsek Muara Lakitan 14 kegiatan dengan penyebaran 325 maklumat.
“Total senpira yang diamankan sebanyak 38 pucuk. Terdiri dari senpira serahan dari masyarakat sebanyak 34 pucuk yakni 28 pucuk senpira laras panjang dan 6 pucuk laras pendek. Tidak ada peluru aktif,” jelas AKBP Pambudi SIK. Rabu (08/11) dalam press releasenya di Mapolres Mura.
Menurutnya, untuk penegakan hukum kepemilikan senpira illegal selama Operasi Sapu Jagat Musi 2017 yang menjadi target operasi (TO) sebanyak dua tersangka dan masih dilakukan penyelidikan. Sedangkan non target operasi (TO) sebanyak tiga laporan  polisi (LP) dengan tiga tersangka dan barang bukti (BB) sebanyak empat senpira.
Terdiri dari satu pucuk senpira laras pendek dan dua senpira  laras panjang jenis locok siap tembak dengan amunisi bubuk mesiu dan satu butir amunisi jenis revolver kaliber 5,56 Milimeter.
Untuk serahan masyarakat yakni dari Satuan Intelkam, Satuan Binmas dan 12 Polsek di wilkum Polres Mura yakni Satuan Intelkam sebanyak 4 pucuk terdiri dari 3 pucuk senpira laras panjang jenis locok dan 1 pucuk senpira laras pendek. Untuk amunisi aktif nihil. Satuan Binmas sebanyak 2 pucuk senpira laras panjang jenis locok. Untuk amunisi aktif nihil.
Kemudian dari 12 Polsek yakni, Polsek Muara Beliti sebanyak 4 pucuk terdiri dari 3 pucuk senpira laras panjang jenis locok dan 1 pucuk senpira laras pendek. Untuk amunisi peluru aktif nihil. Polsek Muara Rupit sebanyak 1 pucuk senpira laras panjang jenis locok untuk amunisi aktif nihil.
Polsek Muara Lakitan sebanyak 2 pucuk senpira laras panjang jenis locok. Untuk amunisi aktif nihil. Polsek Muara Kelingi  sebanyak 2 pucuk senpira laras panjang jenis locok. Untuk amunisi aktif nihil. Polsek BTS Ulu Cecar sebanyak 3 pucuk senpira laras panjang jenis locok. Untuk amunisi aktif nihil.
Polsek STL Ulu Terawas sebanyak 3 pucuk terdiri dari 2 pucuk senpira laras panjang jenis locok dan 1 pucuk senpira laras pendek. Untuk amunisi aktif nihil. Polsek Karang Jaya sebanyak 2 pucuk terdiri dari 1 pucuk senpira laras panjang jenis locok dan 1 pucuk senpira laras pendek. Untuk amunisi aktif nihil.
Polsek Karang Dapo sebanyak 2 pucuk senpira laras panjang jenis locok. Untuk amunisi aktif nihil. Polsek Rawas Ilir sebanyak 3 pucuk senpira laras panjang jenis locok. Untuk amunisi aktif nihil. Polsek Nibung : sebanyak 3 pucuk terdiri dari 2 pucuk senpira laras panjang jenis locok dan 1 pucuk senpira laras pendek. Untuk amunisi aktif nihil. 
Polsek Megang Sakti sebanyak 2 pucuk terdiri dari 1 pucuk senpira laras panjang jenis locok dan 1 pucuk senpira laras pendek. Untuk amunisi aktif nihil. Polsek Rawas Ulu sebanyak 1 pucuk senpira laras panjang jenis locok. Untuk amunisi aktif nihil.
“Polres Mura beserta jajaran Polsek yang ada tetap mengimbau masyarakat menyerahkan senpira secara sukarela. Karena sangsi tegas jelas ketika memiliki senpira illegal. Apalagi, jika senpira digunakan untuk aksi kejahatan. Tindakan tegas diambil aparat Polres Mura,” pungkasnya.
SHARE