Beranda Informasi Serta Merta Kabaharkam Polri sebagai Keynote Speaker pada seminar peran strategis Polairud

Kabaharkam Polri sebagai Keynote Speaker pada seminar peran strategis Polairud

0

Baharkam Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum, didampuk menjadi keynote speaker sekaligus membuka Seminar Nasional “Peran Strategis Polisi Perairan dan Udara dalam Pengamanan Perairan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.
Seminar yang digagas Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini digelar di Bidadari Room Mercure Hotel Ancol Jakarta, Senin 27 November 2017.
Hadir dalam kegiatan ini Komisioner Kompolnas Yotje Mende, Benedictus Nurhadi, dan Farhan Alawy, Kakorpolairud, Direktur Poludara, Direktur Polair dari 33 Polda, mahasiswa PTIK, Bakamla, TNI-AL, serta Satgas 115 KKP.
Sebagai Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum, menyambut baik seminar yang diselenggarakan bertepatan dengan momentum peringatan HUT Korpolairud ke-67, yang jatuh pada 1 Desember 2017.
Ia menyadari perkembangan lingkungan strategis, baik global, regional, dan nasional, yang diiringi masifnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi, membuat peta dunia ikut berkembang seolah tanpa batas.
Selain itu, lanjut Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum,, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo telah memfokuskan arah pembangunan nasional ke bidang kemaritiman. Cita-cita besar yang akan dicapai adalah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Salah satu pilar utama yang menjadi sasarannya adalah membangun infrastruktur tol laut yang akan menjadi penghubung pelayaran, perdagangan, arus keluar masuk barang dan manusia di kawasan Asia khususnya Asia Tenggara.
“Oleh sebab itu, mengingat pentingnya aspek keamanan perairan, maka tantangan tugas Korpolairud ke depan dalam mengamankan kebijakan Pemerintah dan penegakan hukum di perairan akan semakin berat dan kompleks. Sehingga Korpolairud dituntut memiliki kemampuan dalam mengantisipasi perkembangan ancaman dan gangguan keamanan di perairan dan udara. Terutama yang berpotensi menimbulkan kejahatan antarnegara dan kejahatan terhadap kekayaan negara,” katanya.
Melalui seminar ini, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum, berharap, para narasumber dan para peserta dapat menggali pokok pikiran yang fundamental terkait pentingnya penguatan Korpolairud dalam mengemban tugas menjaga keamanan perairan Indonesia sebagai poros maritim dunia, serta terbangunnya sinergitas seluruh stake holder bidang kemaritiman dengan mengedepankan peranan Korpolairud sebagai leading sektor dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban di wilayah perairan Indonesia.

BAGIKAN