Beranda Informasi Serta Merta Kapolda Sumsel Mengimbau Kepada Masyarakat Khusus Masyarakat Sumsel Yang Masih Memiliki, Menyimpan,...

Kapolda Sumsel Mengimbau Kepada Masyarakat Khusus Masyarakat Sumsel Yang Masih Memiliki, Menyimpan, Atau Menyembunyikan Senpi

0
Kapolda Sumsel Mengimbau Kepada Masyarakat Khusus Masyarakat Sumsel Yang Masih Memiliki, Menyimpan, Atau Menyembunyikan Senpi

Polda Sumsel – Banyaknya peredaran senjata api (senpi) rakitan di masyarakat sungguh meresahkan. Dengan mudah masyarakat mendapatkannya dan menggunakannya untuk tindak kejahatan berbagai macam tindak kriminal.

 

Karena itulah, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Irjen Pol Zulkarnain mengeluarkan maklumat yang berisikan sanksi terhadap kepemilikan senjata api, amunisi, dan peledak. Kapolda Sumsel mengimbau kepada masyarakat khusus masyarakat Sumsel yang masih memiliki, menyimpan, atau menyembunyikan senjata api, amunisi atau bahan peledak ilegal agar dapat berpartisipasi dengan sukarela menyerahkan ke Polda Sumsel.

 

Polres maupun Polsek terdekat dan tidak akan diproses hukum. Namun jika didapati, ditemukan atau tertangkap tangan oleh anggota dari pihak kepolisian, maka akan diproses sesuai hukum yang ada dan undang-undang yang berlaku. Mengetahui maklumat Kapolda Sumsel tersebut, ada masyarakat yang meresponnya.

 

Di antaranya Herman Tamrin (50), seorang tokoh masyarakat di wilayah kelurahan Talang Putri Kecamatan Plaju. Dia diminta tolong untuk mengantarkan sepucuk senjata api rakitan beserta dua buah amunisinya ke Polsek Plaju. Ya kami datang ke Polsek Plaju untuk menyerahkan pistol beserta dua peluru ini.

 

Saya diminta tolong oleh RB untuk mengantarkannya ke Polsek. Karena bersangkutan tidak berani menyerahkan pistol dan dua pelurunya sendiri, ungkap Herman ketika ditemui Polsek Plaju. Menurut Herman, dari keterangan RB senjata api dan dua peluru itu adalah milik temannya yang pernah dititipkan padanya.

 

Sudah lama dititipkan ke RB, namun baru kali RB mau menyerahkan senpira ke pihak kepolisian (Polsek Plaju). Dari keterangannya bukan milik dia pak. Nah karena melihat imbauan Kapolda Sumsel, dia pun mau menyerahkannya. Semalam saya terima dan hari ini saya serahkan ke Kapolsek Plaju langsung, ungkapnya.

 

Sementara Kapolresta Palembang, Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono melalui Kapolsek Plaju, AKP Rizka Aprianti mengatakan, maklumat Kapolda ini berkaitan dengan operasi sapu jagat yang digelar mulai tanggal 1-14 November 2017.

 

Hingga saat ini, baru ada satu warga yang menyerahkan senpi rakitan dan dua amunisianya, ungkap Rizka. Menurut Rizka, kita juga mengimbau kepada masyarakat yang ada di wilayahnya jika memang ada yang masih memegang senpira rakitan dan amunisi diharapkan untuk menyerahkan ke Polsek.

 

Ya jika tidak berani datang ke Polsek untuk menyerahkannya, bisa meminta bantu dengan RT setempat. Saya khawatir jika senpira masih ada yang beredar di masyarakat dapat digunakan untuk tindak kejahatan, tutupnya.

BAGIKAN