Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, pimpin Upacara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri ke-67 di Mako Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri, Selasa 05 Desember 2017.
Dalam kesempatan ini, Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Korpolairud Baharkam Polri yang telah berhasil menunjukkan kinerja positif.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Korpolairud yang telah berhasil menunjukkan kinerja yang positif dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat sepanjang tahun 2017, seperti penegakan hukum pada wilayah perairan dimana Polri berhasil menindak sekurangnya 812 kasus dan menyelamatkan kerugian Negara sebesar Rp. 89.587.995.000. Korpolairud juga berhasil dalam melakukan penegakan hukum khusus destructive fishing menggunakan bahan peledak sebanyak 84 kasus,” katanya.
Di bidang pembinaan masyarakat, lanjut Kapolri, satuan ini telah melaksanakan berbagai kegiatan tatap muka dengan masyarakat, penyuluhan tentang keamanan dan keselamatan pelayaran, serta sambang nusa ke pulau-pulau terluar berpenghuni, termasuk kontribusi dalam kegiatan bantuan SAR pada berbagai wilayah di Indonesia.
“Polairud juga telah membuat dan melaksanakan program pencegahan pencurian di kapal di 11 anchorage area yang rawan terhadap pencurian di kapal, sea piracy, maupun armed robbery. Program ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak luar negeri karena Polairud telah peduli terhadap keamanan dan keselamatan kapal dan pelaut asing yang berada di perairan teritorial Indonesia,” ungkap Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.
Selain itu, kegiatan sinergi dan kerjasama juga terus dilakukan, baik dengan institusi luar negeri maupun dengan kementerian dan lembaga di Indonesia seperti Bakamla, Bank Indonesia, TNI AL, KKP, Biro Klasifikasi Indonesia, Kementerian Perhubungan, Perusahaan Penerbangan, dan sebagainya.

BAGIKAN