Beranda Informasi Serta Merta Pengarahan Kabaharkam Polri Kepada Bhabinkamtibmas Se Eks Korwil Kediri

Pengarahan Kabaharkam Polri Kepada Bhabinkamtibmas Se Eks Korwil Kediri

0

Kamis, 7 Desember 2017 usai menghadiri puncak Kirab Pemuda 2017 di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum, segera bertolak ke Pendopo Bupati Blitar, Jawa Timur.
Di Pendopo Bupati Blitar, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum telah ditunggu ratusan Bhabinkamtibmas yang bertugas di eks Korwil Kediri, meliputi Polres Kediri Kota, Polres Kediri Kabupaten, Polres Blitar Kota, Polres Blitar Kabupaten, Polres Nganjuk, Polres Tulungagung dan Polres Trenggalek. Mereka berkumpul untuk mendengarkan arahan dari Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum.
Sesampainya di lokasi, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum segera disambut pengalungan bunga oleh Polisi Cilik (Pocil) dan tarian tradisional. Turut menyambut Direktur Binmas, Direktur Sabhara dan Direktur Pamobvit Polda Jawa Timur, serta para Kapolres pemegang komando tujuh satuan kewilayahan di eks Korwil Kediri.
Dalam arahannya, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum mengingatkan kepada jajarannya bahwa telah terjadi perubahan pola pikir di masyarakat, dimana dahulu masyarakat menganggap Polri berhasil jika mampu mengungkap kasus-kasus yang terjadi. Sementara yang berkembang belakangan ini, pencegahan menjadi salah satu aspek yang tak kalah penting.
“Sekarang masyarakat mulai tanya, mengapa kasus atau kejahatan terjadi? Di mana intelnya? Di mana Binmasnya? Di mana petugas Samapta: Sabhara; Lantas; Brimob; Pamobvit; dan lain-lain,” kata Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum.
Untuk itu, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum meminta para Bhabinkamtibmas untuk ikut mengubah mindset dari mengedepankan penegakan hukum menjadi pencegahan, yang diawali dengan intelijen dasar dan aktual untuk memetakan daerah rawan ganguan kamtibmas.
Terkait Dana Desa, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum meminta Bhabinkamtibmas terus melakukan pendampingan sekaligus pengawasan secara tegas sesuai dengan peruntukan.
Tak lupa, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum juga menyampaikan rencana Operasi Bina Darma, satu-satunya operasi kepolisian di bidang Pembinaan Masyarakat (Binmas) dalam rangka membina keamanan dan ketertiban masyarakat desa guna meningkatkan Sitkamtibmas yang kondusif serta peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat.
Operasi Bina Darma akan digelar selama 60 hari, 7 Februari s.d. 8 April 2018, dengan mengedepankan tindakan prosedural, profesional, dan proposional, serta 7 (tujuh) Polda sebagai pilot projek, yakni Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

BAGIKAN