Beranda POLDA KALIMANTAN SELATAN POLRES BALANGAN Polres Balangan Berikan Penyuluhan Tindak Pidana Perikanan

Polres Balangan Berikan Penyuluhan Tindak Pidana Perikanan

0

Balangan.kalsel.polri.go.id, Polres Balangan – Seketika rumah kepala desa Murung Abuin kecamatan Paringin Kabupaten Balangan ramai  oleh warga yang hendak hadiri penyuluhan tindak pidana perikanan yang digelar oleh Dinas perikanan dan Polres Balangan sebagai narasumber, Kamis (7/12/2017).

Kegiatan yang dimulai pukul 11.30 Wita tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan, Kasat Reskrim yang diwakili oleh Kanit Tipidter Polres Balangan, Kapolsek Paringin yg diwakili oleh Ka SPK Polsek Paringin, Kades Murung Abuin dan Warga Desa Murung Abuin.

Dalam kegiatan Penyuluhan tersebut disampaikan oleh Narasumber Kanit Tipidter Polres Balangan kepada Warga tentang UU No.45 Th.2009 tentang Perubahan atas UU No.31 Th.2004 tentang Perikanan.

Iptu Fathoni Bahrul Arifin, S.iK selaku nara sumber menjelaskan dampak yang dapat ditimbulkan dengan tindakan yang dilarang dalam undang – undang No. 45 tahun 2009 tersebut, dimana ekosistem kehidupan air akan terganggu akibat tindakan yang melanggar hukum tersebut.

“Tindakan yang dilarang seperti penyetruman, menangkap ikan dengan obat bahkan dengan bom air yang akan membunuh seluruh ekosistem air sangat tidak benar,” terangnya.

Dalam peraturan perikanan, sudah disebutkan ancaman hukuman yang diberikan sangat tinggi, baik hukuman kurungan maupun denda yang mencapai milyaran rupiah.

Sebanyak 30 warga yang hadir pun turut diajak berdiskusi dan memberikan saran masukan atas perilaku yang dianggap biasa namun melanggar hukum tersebut, terlebih mengajak bersama – sama menjaga kelestarian lingkungan air dengan saling mengingatkan warga akan bahaya yang timbul akibat perbuatan melanggar hukum.

“Mari bersama – sama saling menjaga agar perbuatan yang melanggar hukum dapat diminimalisir dengan memberikan informasi kepada pihak kepolisian apabila mengetahui peristiwa pelanggaran hukum terkait perikanan, ” tambah Iptu Fathoni Bahrul Arifin, S.iK.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK melalui Kasat Reskrimnya AKP Dany Sulistiono, S.Sos, M.M membenarkan kegiatan yang dilakukan oleh personelnya tersebut, “Dengan Sosialisasi yang dilakukan kali ini diharapkan mampu meniadakan pelanggaran masyarakat terkait perikanan khususnya di kabupaten Balangan. (Lois Adi)

BAGIKAN