Beranda POLDA JAWA TENGAH POLRES REMBANG Polres Rembang Kawal Aksi Nelayan Cantrang Jelang Kunjungan Mentri Kelautan dan Perikanan

Polres Rembang Kawal Aksi Nelayan Cantrang Jelang Kunjungan Mentri Kelautan dan Perikanan

0

Rembang – Kunjungan Menteri Kelautan Dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di kabupaten Rembang, Kamis sore (07/12/2017) kemaren disambut demo kalangan nelayan cantrang. Mereka menuntut supaya pemerintah memperpanjang masa toleransi pemakaian jaring cantrang.

Nelayan cantrang beserta anak isterinya membentangkan poster – poster tuntutan di depan Hotel Fave yang akan digunakan Menteri Kelautan Dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk istirahat. Posisi hotel berada di pinggir jalur Pantura Semarang – Surabaya, dan berseberangan dengan kawasan Alun – Alun Rembang.

Peserta aksi menuntut jaring cantrang tetap dilegalkan. Mereka resah, karena masa toleransi penggunaan cantrang akan berakhir pada bulan Desember tahun 2017 ini. Apalagi masih banyak pemilik kapal yang terbelit hutang bank, sehingga belum mampu mengganti alat tangkap lain. Sementara pemerintah dianggap belum memberikan solusi bantuan bagi anak buah kapal cantrang. Nelayan semakin kecewa, lantaran kunjungan Menteri Susi tidak memberikan kesempatan dialog dengan nelayan cantrang.

Siswanto, seorang pemilik kapal cantrang dari Kelurahan Tanjungsari, Rembang mengungkapkan efek larangan jaring cantrang tidak hanya dirasakan nelayan, tetapi berdampak luas terhadap sektor perekonomian.

Kabag Ops Polres Rembang Kompol Yohan setiajid, SH K Hum yang saat itu memimpin pengamanan Aksi demo mengatakan  demo di depan Hotel Fave tak bertahan lama. Seusai Maghrib, massa lambat laun membubarkan diri. Ketatnya penjagaan aparat TNI dan Polres Rembang  membuat peserta aksi yang tidak mengantongi izin demo, mengurungkan niat untuk melanjutkan sampai malam.  ungkap Kompol Yohan S .

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN