Beranda POLDA JAWA TENGAH Pos Kamling Bulu Sukoharjo Dinilai Saat Lomba Siskamling

Pos Kamling Bulu Sukoharjo Dinilai Saat Lomba Siskamling

0

Polda Jateng, Sukoharjo- Sebagai upaya kepolisian dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertipan masyarakat (Kamtibmas), Polres Sukoharjo mengadakan lomba siskamling tingkat Polres Sukoharjo. Tim juri dari Polres Sukoharjo mengadakan penjurian di Poskamling  Dukuh Kerten, Desa Tiyaran Bulu Sukoharjo, Selasa (05/12/2017).

Kasat Narkoba AKP Anak Agung Gede Oka yang mewakili ketua tim penjurian dalam sambutannya mengatakan, dalam menjaga keamanan di Kabupaten Sukoharjo tidak bisa bila hanya mengandalkan dari pihak kepolisian saja. Menurutnya peranan masyarakat sangat penting dalam menjaga kamtibmas di wilayah tempat tingal masing masing, untuk itu salah satu cara kepolisian  dalam menyadarkan dan meningkatkan keikut sertaan masyarakat dalam menjaga kamtibmas. Polres Sukoharjo mengadakan lomba siskamling.

“Target penilaian lomba pos kamling bukan se-mata-mata mencari juara atau pemenang, namun untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait dengan keamanan lingkungan masing-masing,  melaui sistim keamanan lingkungan (siskamling),” kata AKP Anak Agung Gede Oka.

Dalam pelaksanaan penjurian petugas poskamling diminta tim juri untuk mempraktikan simulasi penangkapan maling. Selain itu tim juri juga menilai langsung perlengkapan perlengkapan yang ada di poskamling seperti peralatan penerangan (Senter), buku adminitrasi dan buku tamu, kentongan dan peralatan pendukung lainya.

Salah satu tim juri Iptu Maryana selesai melakukan penjurian mengatakan, di poskamling Desa Kerten ini secara keseluruhan cukup bagus. Namun saja tetap ada kekurangan dalam penyediaan perlengkapan pendukung. Dia mengharapkan selesai dilakukanya lomba siskamling ini, perlengkapan pendukung yang masih ada kekurangan dapat lengkapi.

Di sela-sela kegiatan Kapolsek Bulu AKP Sarwoko, menyampaikan ucapan terimakasih atas pelaksanaan penilaian lomba pos kamling ini kepada masyarakat dukuh kerten yang menunjukan semangat yang tinggi saat dilakukan penilaian.

“Agar penilaian yang dilakukan oleh team Polres Sukoharjo ini,  dapat memotivasi terhadap pelaksanaan ronda setiap malam secara bergiliran oleh masyarakat sendiri. Karena keamanan itu adalah merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan semata-mata menjadi tanggung jawab aparat kepolisian saja,” kata AKP Sarwoko.

BAGIKAN