Beranda Informasi Berkala SATLANTAS AKAN PANGGIL PERUSAHAAN

SATLANTAS AKAN PANGGIL PERUSAHAAN

0

Satuan Lalulintas Polres Muara Enim akan memanggil perusahaan perusahaan tambang yang beroperasi di Kabupaten Muara Enim guna mempertanyakan aturan menenai penggunaan rotator.
“Selama ini kita banyak sekali melakukan penindakan kendaraan perusahaan yang menggunakan rotator di jalan umum. Dari itu kita akan memanggil perusahaan mengenai aturan penggunaan,” ujar Kasat Lantas Polres Muara Enim, AKP Adik Listyono, Rabu (6/12).

Tujan pemanggilan ini, lanjut Adik, dimana pihak perusahaan mengatakan penggunaan rotator tidak menyalahi aturan karena sudah berdasarkan aturan Kementerian ESDM.

“Kalau memang ada aturannya, silakan dijelaskan, agar saya juga mengerti dan mengetahui mengenai hal tersebut. Tapi kenyataannya sudah kita imbau pihak perusahaan belum ada kabar beritanya,” tukas Adik.

Hal ini harus dilakukan, lanjutnya lagi, karena menilai saat ini  penggunaan rotator dinilai sudah mengganggu pengguna jalan yang lain.

“Sudah banyak laporan yang kami terima bahwa pengguna jalan banyak yang terganggu dengan penggunaan rotator yang tidak sesuai peruntukan,” tambah Adik.

Dijelaskannya, sesuai aturan dalam UU Lalulintas no 22 tahun 2009 pasal 59 huruf a, bahwa lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk mobil petugas Polri, kemudian lampu merah dan sirine digunakan untuk mobil tahanan.  Pengawalan baik oleh TNI, pemadam dan ambulance, PMI, dan jenazah.

“Dan lampu kuning dan sirene untuk  patroli jalan tol, pengawasan saran prasarana lalulintas dan angkutan jalan, perawatan pembersihan fasilitas umum dan derek kendaraan, dan angkutan barang khusus (trailer/angkutan alat berat),” pungkasnya.

BAGIKAN