Beranda POLDA SUMATERA SELATAN Tagana Siap Siaga Jika Bencana di Kabupaten OKU Selatan Melebar

Tagana Siap Siaga Jika Bencana di Kabupaten OKU Selatan Melebar

0
Tagana Siap Siaga Jika Bencana di Kabupaten OKU Selatan Melebar

Polda Sumsel – Plt Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan, Belman Karmuda, SH, M.Si menyatakan Taruna Siaga Bencana (Tagana) siap membantu jika banjir bandang di OKU Selatan melebar. Untuk sementara ini banjir bandang cuma tidak banyak memakan korban jiwa.

 

Baru yang satu yang meninggal dan satu yang luka-luka. Nah ini kita harapkan Kepala Dinas Sosial OKU Selatan untuk siap siaga, Tagana juga siap siaga, untuk apabila bencana itu tetap melebar. Tapi kalau sudah di atas 10 KK dan mengakibatkan pemukiman dan korban jiwa, Dinas Sosial harus turun.

 

Karena itu sifatnya mengevakuasi korban. Kalau banjir cuma menghantam jembatan gantung, itu silahkan kewenangan Tupoksi Dinas PU, ungkap Plt Kepala Dinas Sosial Sumsel Belman Karmuda, SH M.Si usai menjadi inspektur pada Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati ke-72 tahun Hari Pahlawan di TMP Ksatria Ksetra Siguntang, pada Jumat (10-11-2017).

 

Pada dasarnya kata Belman pihaknya siap. Pasalnya Sumsel merupakan provinsi satu-satunya di Indonesia yang mempunyai Mako Tagana. Artinya untuk komunikasi dapat informasi apabila ada bencana kita cepat, 1 X 24 jam standby terus.

 

Di setiap kabupaten kota punya Tagana untuk SDM. Untuk material kita punya, semua punya. Sudah kita distribusikan ke kabupaten/kota 100 ton beras cadangan sudah kita stok apabila terjadi bencana. Silahkan dikeluarkan, tapi rekomendasi dari provinsi. Nah kita di provinsi mempunyai 200 ton apabila ada bencana. Saya rasa cukup, jelas Belman.

 

Untuk material lain, kata Belman juga punya tenda, selimut, alat-alat permakanan apabila kabupaten kota terjadi bencana dipersilahkan kabupaten kota untuk melakukan itu. Kita sudah siap, termasuk SDM. Tidak ada masalah.

 

Mau ada bencana, paling tidak stok beras permakanan 100 ton per kabupaten kota. Terus tenda-tenda, tenda pleton, tenda family, tiap kabupaten kota sudah ada. Kota punya mobil rescue URC Tagana yang double cabin, mobil truk untuk pendistribusian ada. Mobil dapur umum di kabupaten kota seperti Muaraenim, Banyuasin, ada beberapa memang.

 

Belum semua. Tetapi sudah cukup artinya. Di provinsi kita punya 2 mobil dapur Tagana. Kalau kabupaten perlu mobil dapur umum mengevakuasi dan pendistribusian untuk permakanan silahkan kabupaten terdekat dapat membantu. Tapi jika memang harus dari provinsi, kita turunkan. Kecuali kalau sifatnya nasional, harus minta ke Kementerian Sosial pusat, paparnya.

BAGIKAN