Beranda Informasi Berkala Dua Sekawan Pencuri Sarang Walet Disergap

Dua Sekawan Pencuri Sarang Walet Disergap

0
Dua Sekawan Pencuri Sarang Walet Disergap

Polda Sumsel – Jajaran Polsek Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan dibantu warga Tanjung Kodok Desa Tulung Selapan Timur Kecamatan Tulung Selapan berhasil meringkus dua (2) orang pelaku pencurian sarang burung walet milik warga setempat.

Bahkan petugas terpaksa melumpuhkan salah seorang pelaku dengan tembakan dibagian kaki karena tetap berupaya kabur meskipun telah diperingatkan.

Kedua pelaku yang diketahui berisinial CI (28), warga Desa Pulu Beruang Kecamatan Tulung Selapan yang tercatat sebagai karyawan salah satu perusahaan di wilayah Tulung Selapan ini, ditembak pada bagian kakinya.

Kemudian RI (22), warga Desa Sungai Jeruju Kecamatan Cengal Kabupaten OKI.

Keduanya diringkus di areal rawa-rawa Tanjung Kodok pada Kamis (23-11-2017) malam sekira pukul 23.30 wib. Kapolres OKI, AKBP Ade Harianto SH MH didampingi Kapolsek Tulung Selapan AKP Ferry Firdayanto SH melalui Paur subbag Humas, Ipda Ilham Parlindungan SH, saat dikonfirmasi, pada Minggu (26-11-2017), mengatakan, penangkapan terhadap kedua pelaku ini berawal dari informasi masyarakat adanya pelaku yang hendak melakukan pencurian sarang burung walet milik warga setempat.

Yang memang mayoritas warga pengusaha sarang burung walet. Atas laporan tersebut, anggota Polsek Tulung Selapan yang dipimpin langsung Kapolsek, mengecek ke lokasi.

Dan ternyata di lokasi kejadian ditemukan motor milik tersangka yang tertinggal dan alat-alat untuk merusak kunci gembok rumah walet.

Saat kita datang ke TKP pelaku ini sudah kabur dan barang bukti ditinggalkan di TKP, Kemudian, Kapolsek dan anggota dengan dibantu masyarakat menelusuri jejak pelaku ke arah hutan dan rawa.

Petugas akhirnya mendapati persembunyian pelaku Cindra, namun pelaku belum mau menyerah dan tetap berupaya melarikan diri.

Tidak ingin buruannya kabur, petugas lantas memberikan peringatan dan hingga akhirnya harus melumpuhkan pelaku dengan tembakan.

Dan pada tersangka ditemukan senjata tajam dan senjata api rakitan laras pendek (sejenis revolver) yang berisi peluru sebanyak 4 (empat) butir, ungkap Ilham.

Kemudian, anggota terus mencari pelaku yang lainnya dan berhasil diamankan lagi oleh anggota Polsek seorang pelaku inisial RI atas informasi masyarakat, bahwa tersangka bersembunyi di rumah warga di dekat Pelabuhan Tulung Selapan Ilir.

Warga sempat merasa kesal atas ulah pelaku ini, namun berhasil diantisipasi. Selanjutnya pelaku langsung kita bawa ke polsek, tandas Ilham.

Selain mengamankan kedua pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) buah alat pemotong besi behel, 1 (satu) buah linggis, 1 (satu) pucuk senpira laras pendek, 4 (empat) butir peluru, 2 (buah) bilah pisau, 1 (satu) unit sepeda motor Vixion warna hitam.