Beranda Informasi Setiap saat Jelang Pilkada Personil Sat Sabhara Latih Sistem Pengamanan Kota

Jelang Pilkada Personil Sat Sabhara Latih Sistem Pengamanan Kota

0

Tegal – Faktor keamanan menjadi salah satu unsur penting dalam mensukseskan pesta demokrasi yang akan di lakukan tahun ini. Minggu (14/1/2018).

Polres Tegal menggelar latihan simulasi sistem pengamanan kota (SISPAM) terhadap aksi unjuk rasa jelang Pilkada serentak tahun 2018. Kegiatan digelar di depan halaman Pemda Kabupten Tegal, Rabu (13/1/2018). Latihan yang digelar ini merupakan antisipasi rawan terhadap massa yang melibatkan 600 personel dari jajaran Polres Tegal, Tim Rainmas , pemadam kebakaran, Bulshit dan call center 112.

Skenario aksi ini Berawal dari seorang propokator yang memancing riuh massa di TPS wilayah Kauman. Wargapun mulai terprovokasi dan mulai bertriak-triak curang kepada panitia Tps , masa lebih anarki dan mulai membakar ban selanjutnya profokator tersebut, diamankan anggota Polri dan anggota PPS untuk diperiksa. Selanjutnya dalam simulasi, segerombolan warga menghadang mobil yang memuat kotak suara, dan menyerang petugas. Dengan sigap tim damkar dalmas memadamkan api , ton raimas dan unit k-9 dikerahkan untuik memecah konsentrasi massa.
Jajaran polres Tegal kemudian melakukan pengejaran dan mengamankan pelaku tersebut. Meski sempat terjadi keributan antara pelaku dan polisi, dengan ini Polres Tegal akhirnya berhasil meringkus para pelaku tersebut.

“Kami datang menyuarakan aspirasi rakyat. Kami tidak terima kecurangan yang dilakukan KPU terhadap pemungutan suara di Pilkada 2018 ini,” ujar salah seorang demonstrasi.
Lebih lanjut Ajun Komisaris Polisi Aris Heriyanto, mengatakan, dalam latihan ini para personel diharapkan lebih fokus, baik saat aktion maupun patrol serta agar lebih serius dalam melakukan pengamanan. Dia juga menghimbau agar para personel jangan melakukan tindakan berlebihan. “Kita lakukan ini harus lebih serius. Untuk personel jangan mengambil tindakan tanpa perintah,” katanya.

BAGIKAN