Beranda Informasi Serta Merta Kapolri, Sikat Ormas-Ormas Yang Melakukan Sweeping Dan Segala Jenis Tindakan Di Luar...

Kapolri, Sikat Ormas-Ormas Yang Melakukan Sweeping Dan Segala Jenis Tindakan Di Luar Kendali

0
Kapolri, Sikat Ormas-Ormas Yang Melakukan Sweeping Dan Segala Jenis Tindakan Di Luar Kendali

Polda Sumsel – Suasana mendung dan hujan rintik tidak menyurutkan langkah Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara dan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen AM Putranto serta Gubernur Sumatera Selatan yang diwakilkan oleh Sekretaris daerah Nasrun Umar dalam mengecek pasukan apel pada gelaran operasi Lilin Musi di halaman Mapolda Sumsel, pada Jumat (22-12-2017).

 

Operasi Lilin Musi merupakan agenda yang dilakukan guna menyambut pengamanan perayaan natal dan tahun baru di wilayah Sumatera Selatan. Dalam pidatonya Zulkarnain menyampaikan pesan Kapolri Jenderal Polisi Prof Drs Muhammad Tito Karnivian PhD, untuk menyikat ormas-ormas yang melakukan tindakan sweeping dan segala jenis tindakan di luar kendali.

 

Kalau terjadi sweeping oleh ormas, tindak secara profesional, kata mantan Kapolda Riau tersebut. Selain itu, operasi lilin sendiri akan difokuskan, di terminal, bandara, pelabuhan, pasar, tempat-tempat keramaian, dan objek wisata hingga arus balik. Hal ini untuk menghindari calo, copet, hipnotis dan lain-lain yang dapat mengganggu masyarakat.

 

Operasi lilin nantinya akan dilaksanakan dari tanggal 23 Desember hingga 1 Januari mendatang. Baik kepolisian, TNI dan dinas terkait akan bersiaga memetakan wilayah rawan, meningkatkan kewaspadaan dan mencegah semua tindak kejahatan, melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat, serta memaksimalkan peran satgas pangan untuk mengontrol harga tetap normal di pasar.

 

Sementara itu selesai apel koordinasi pasukan, Kapolda dan Pangdam beserta kepala dinas terkait melakukan pemusnahan barang bukti senpi, narkotika dan miras yang didapat selama pra-Operasi lilin dari tanggal 1 hingga 14 November 2017. lda Sumsel barang bukti tersebut dimusnahkan sebanyak 707 pucuk senjata api baik jenis revolver hingga laras panjang, 3,5 kilogram sabu, lalu 2.405 ekstasi serta 3.020 botol miras oplosan dari berbagai wilayah di Sumsel.

 

Kapolda Sumsel yang diwawancarai setelah acara mengatakan bahwa pengamanan natal dan tahun baru merupakan bentuk kesigapan untuk menjaga rasa aman di tengah masyarakat.

 

Terutama bagi ormas-ormas, kami sudah berkordinasi untuk tidak melakukan sweeping. Selain itu kami meminta pusat perbelanjaan untuk tidak memaksa kepada pegawainya yang muslim untuk memakai atribut natal, agar tidak menimbulkan polemik, ujarnya.

 

Sementara AM Putranto menambahkan, TNI akan memback up kepolisian dalam melaksanakan operasi Lilin Musi di wilayah Sumatera Selatan.