Beranda Informasi Setiap saat Pemusnahan 14 Unit Kapal Pukat Trawl

Pemusnahan 14 Unit Kapal Pukat Trawl

0

Kejaksaan Negeri Kabupaten Serdang Bedagai (Kejari Sergai) musnahkan barang bukti 14 unit kapal pukat trawl yang telah diproses hingga vonis di pengadilan.

“Pemusnahan barang bukti yang dilakukan sekarang tidak ditenggelamkan, tetapi dengan cara dibakar. Ini menunjukkan kepada nelayan bahwa kita konsisten dalam menegakkan hukum khususnya pelanggaran hukum laut,” bilang Kajari Sergai Jabal Nur,S.H,M.H, disela sela kegiatan pemusnahan kapal pukat trawl di dermaga Satpol Perairan Polres Sergai, Senin (12/2).

Menurut kajari dari 14 kapal pukat trawl yang dijatuhi vonis adalah kapten atau nakhoda yang umumnya berasal dari luar Sergai dijerat dengan UU RI Nomor 45 Tahun 2009 Tentang Perikanan.

Sementara itu, Kapolres Sergai AKBP Nicolas Ary Lilipaly S.I.K,M.H,M.Si mengatakan Satuan Polisi Perairan Polres Sergai sangat konsisten dalam pemberantasan pukat trawl atau cantrang yang melanggar UU ataupun peraturan.

“Para pelaku pelanggaran hukum kelautan atau pukat trawl umumnya adalah mayarakat luar Kabupaten Serdang Bedagai. Dan ada kemungkinan karena tindakan tegas terhadap atau memang ada kesadaran dari mereka para pelaku sehingga mengurangi tindakan pelanggaran,” ucap kapolres.

kapal pukat trawl yang dimusnahkan dengan cara dibakar kelihatannya sebagian sudah rusak bahkan tinggal rangka saja.

Setelah disiram minyak dalam waktu tidak beberapa lama pembakaran yang disulut kapolres dan kajari membakar kapal tersebut. Turut hadir menyaksikan pemusnahan kapal tersebut, Asisten I Drs Ramses Tambunan, Kadiskanla Sergai Sri Wahyuni Pancasilawati MSi, dan unsur Muspika Kecamatan Tanjung Beringin. (ad)

BAGIKAN