Beranda Informasi Berkala Kapolsek Sambong Polres Blora Bersama Perangkat Desa Temengeng, Klarifikasi Potongan Suka Rela...

Kapolsek Sambong Polres Blora Bersama Perangkat Desa Temengeng, Klarifikasi Potongan Suka Rela Raskin

0

tribratanews.polri.go.id – Blora, Permasalahan potongan bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) terhadap 22 keluarga penerima manfaat (KPM) di Dukuh Pasar Sore RT-01/RW-05, Desa Temenganeng, Kecamatan Sambong, Blora, ternyata untuk solidaritas.

“Sudah kami klarifikasi, ternyata bukan potongan, tapi suka rela dari KPM sendiri,” jelas Kepala Seksi Keejahetraan Rakyat (Kasi Kesra) Kecamatan Sambong, Sri Sumartini, Minggu (4/3).

Bansos rastra diterima warga secara gratis, dan dilarang ada pemotongan, namun apa yang terjadi di Dukuh Pasar Sore, itu semata-sama sebagai bentuk solidaritas KPM kepada 10 orang janda tidak mampu.

Diperoleh keterangan, Polsek Sambong menerima laporan adanya potongan rastra dua kilogram  pada 22 KPM. Setelah itu, Kapolsek AKP Sutarjo memerintahkan bersama bhayangkara bintara pembinaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) Bripka Bambang Sudayat untuk klarifikasi lapangan.

Kapolsek bersama Bhabinkamtibmas, Kasi Kesra Sri Sumartini, Kades Temengeng H. Sunardi, Kadus Pasar Sore Paryono dan tim PKH Sambong turun ke Desa Temengeng untuk menindaklanjuti laporan itu. “Terima kasih kepada anggota Polri dan TNI yang membantu kami, dan klarifikasi berlangsung lancar,” tambah Sri Sumartini.

Suka Rela

Pertemuan juga dihadiri 22 PKM peneriman bansos rastra, akhirnya terjawab bahwa mereka (22 PKM) dengan kesadaran sendiri rela menyisihkan dua kilogram beras (44 kilogram) diberikan kepada tetangga 10 janda miskin.

“Dilakukan rembug bersama, ternyata itu bukan potongan, tapi bentuk solidaritas saja,” jelas Kapolres Blora AKBP Saptono melalui Kapolsek Sambong AKP Sutarjo.

Dari rembug itu, Kadus Paryono dan Ketua RT Sumaryono, sepakat soal itu tidak akan ditindaklajuti, selain sebagai bentuk solidaritas, karena suka rela PKM masing-masing.