Beranda Informasi Berkala Kepedulian Brigadir Joko Susilo Anggota Polsek Randublatung Polres Blora, Bantu Bedah Rumah...

Kepedulian Brigadir Joko Susilo Anggota Polsek Randublatung Polres Blora, Bantu Bedah Rumah Warga Miskin

0

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Randublatung, Polres Blora, Brigadir Joko Susilo rela menyisihkan waktunya untuk membantu bedah rumah Marto Darji (70), warga Dukuh Delok, Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora.

Kepala Desa Tanggel mengatakan, pembangunan rumah laki-laki renta itu rencana dilakukan selama tiga Minggu. Awalnya rumah Marto Darji tidak layak huni, bentuknya sudah reot dan hamper rubuh. Namun kini hampir rampung diperbaiki dan dalam waktu dekat siap ditempati.

“Bantuan dalam rangka bedah rumah ini bersumber dari Anggaran Dana Desa sebesar 70 juta rupiah. Diperuntukkan bagi warga miskin yang rumahnya sudah tidak layak huni.” Terang Kades, Sabtu (17/03/18).

Marto Darji menceritakan bahwa, sebelum rumahnya dibedah ia selalu khawatir rumahnya ambruk. Apalagi, katanya, belakangan cuaca cenderung buruk hujan disertai angin kencang. Terkadang, lanjut dia, saat cuaca buruk ia tidak berani berada di dalam rumah dan memilih mengungsing kerumah tetangganya.

“Rumah saya dulunya reot banget. Makanya kalau hujan deras saya takut. Sudah bocor dan takut roboh,” ujarnya.

Sementara itu, Brigadir Joko mengaku tergerak hatinya untuk ikut membantu membedah rumah Marto Darji karena tersentuh dengan kehidupannya. Menurutnya, meski hidup pas-pasan sebagai buruh tani, namun Marto Darji tetap berusaha mencari nafkah dengan tidak meminta-minta.

Sebagai anggota Bhabinkamtibmas yang membina warga Desa Tanggel, melihat warga gotong royong bedah rumah hati Brigadir Joko tergerak untuk turut membantu mbah Marto Darji dengan menggunakan alat seadanya.

“sudah menjadi kewajiban bagi saya untuk selalu hadir dan membantu warga saya yang sedang kesusuahan. Apalagi membantu gotong royong bedah rumah sembari menjalin keakraban dengan warga sekaligus menyampaikan pesan kamtibmas,” ujar Brihgadir Joko Susilo.

Dalam perjalanannya, katanya, beberapa warga setiap harinya bergantian turut membantu sehingga proses bedah rumah bisa dengan cepat terlaksana.

Sementara Kapolsek Randublatung Polres Blora AKP Supriyo, S.Sos mengaku bangga dengan kepedulian Brigadir Joko Susilo. Menurutnya, polisi adalah manusia biasa yang bisa dengan mudah tersentuh hatinya.

Di samping itu, lanjut Kapolsek, apa yang dilakukan Brigadir Joko Susilo harus dijadikan inspirasi untuk saling peduli dan berbagi apa pun bentuk dan kemampuannya.

“Kepedulian Brigadir Joko Susilo merupakan inspirasi bagi kita semua untuk memperkuat semangat berbagi dan saling peduli. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama,” kata AKP Supriyo.