Beranda POLDA JAWA TENGAH Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Resmi Buka Jembatan Fungsional Tol Kalikuto Gringsing

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Resmi Buka Jembatan Fungsional Tol Kalikuto Gringsing

0

Polres Batang – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono membuka Jembatan fungsional tol Kalikuto yang menghubungkan Kabupaten Batang – Kabupaten Kendal.
Sebelumnya Menteri dan Kapolda melakukan ujicoba jalur Jembatan Kalikuto. Pengujian tersebut dilakukan dengan percobaan menggunakan truk besar.
Tampak pula hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Batang Wihaji dan Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga.
Jembatan tol fungsional hanya baru satu lajur yang bisa dilewati kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang yang tepatnya di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.
“Hari ini jembatan resmi dibuka, untuk tol fungsional. Sementara masih satu lajur. Ini membantu untuk memperlancar arus kendaraan terutama di jalur tol fungsional,” kata Basuki di Jembatan Kalikuto, Rabu (13/6/18).
Dijelaskan, Jembatan sepanjang 160 meter itu berjenis ‘Baja Pelengkung’. Jembatan itu didesain memiliki 6 jalur, yakni tiga ke Semarang dan tiga ke arah Jakarta. Karena bersifat sementara untuk dilintasi yang dilapisi lempengan besi, di lajur lainnya masih dilakukan  untuk samping kiri dan kanan lempengan diberi pembatas namun mampu Jembatan ini mampu dilintasi kendaraan dengan kapasitas 16 ton.
“Saat ini jembatan masih dibuka untuk 1 arah yakni ke Semarang. Nantinya, saat arus balik jembatan hanya bisa dilintasi untuk sebaliknya, yakni dari Semarang ke Jakarta yang akan di buka hari Senin ( 20/6/18) pukul 06.00,” jelas Basuki.
Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan untuk kedepanya setelah di resmikanya jembatan ini secara fungsional kami akan mensiagakan anggota di sekitaran jembatan kali kuto agar tidak terjadi hal hal yang kita inginkan.
“Atas di resmikanya jembatan kali kuto secara fungsional semoga arus menjadi lancar dan semoga tidak ada hambatan,” kata Irjen Condro Kirono.