Beranda Informasi Serta Merta Sabu 12 Kg Jaringan Malaysia Gagal Diedarkan di Kalsel

Sabu 12 Kg Jaringan Malaysia Gagal Diedarkan di Kalsel

0

Humas.polri.go.id – BANJARMASIN. Sabu seberat 12 kg gagal diedarkan di wilayah hukum Polda Kalsel. Sabu yang berasal dari jaringan internasional (Malaysia – Lampung – Banjarmasin) itu berhasil diamankan tim gabungan Sat Narkoba Polda Kalsel dan Sat Narkoba Polresta Banjarmasin.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. H. Yazid Fanani, M.Si mengatakan, sabu 12 kg itu dibawa seorang kurir dengan inisial S (24), warga Jalan Seberang Masjid Kampung Sasirangan RT04, Kelurahan Seberang Masjid Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

“Kurir narkoba yang diamankan ini merupakan jaringan internasional, Malaysia – Lampung – Banjarmasin. Sabu dengan berat bruto 12 kg ini diduga akan diedarkan untuk merayakan malam Tahun Baru 2019 di wilayah Kota Banjarmasin dan sekitarnya,” kata Kapolda.

Penangkapan terhadap S ini merupakan hasil pengembangan kasus sabu sebelumnya. Dimana petugas mendapat informasi bahwa akan ada pengiriman paket sabu dalam jumlah besar dari Malaysia melalui Pulau Sumatera, tujuan ke Kota Banjarmasin. Barang tersebut dibawa seorang kurir yang telah menjadi target Sat Resnarkoba Polresta Banjarmasin.

Informasi tersebut lang­sung disikapi. Petugas dipimpin Kasatresnarkoba Polresta Banjarmasin, di bawah kendali Kapolresta Banjarmasin dan di-back­up Dit Res Narkoba Polda Kalsel, melakukan pembuntutan terhadap seseorang yang dicurigai berasal dari Kota Banjarmasin. Orang ini ditugaskan untuk me­ngambil paket sabu di daerah Sumatera.

Sabtu (22/12/18), petugas membuntuti pelaku dari Banjarmasin menuju ke Pulau Jawa, tepatnya di Kota Malang. Di tempat ini petugas kehilangan jejak, karena si pelaku menggunakan KTP dengan identitas palsu.

Beberapa waktu kemudian, petugas mendapat petunjuk bahwa si pelaku sudah berada di daerah Sumatera. Petugas bergegas menelusuri jejak pelaku dari Kota Palembang hingga Kota Bandar Lampung.

Senin (24/12/18), petugas memperoleh informasi bahwa pelaku berada di jalan Lintas Timur Sumatera Km 28, Natar, Branti Raya, Kabupaten Lampung Selatan. Sekitar pukul 13.30 WIB, petugas bertemu de­ngan pelaku yang tengah membawa koper berwarna hitam.

Mengetahui dirinya sudah ketahui petugas, pelaku berupaya melarikan diri, namun petugas dengan cepat berhasil menangkap pelaku. Kemudian koper yang dibawa pelaku dibuka petugas. Isinya 12 paket besar sabu yang akan dibawa ke Kota Banjarmasin. Satu paket besar masing-masing dengan berat 1 Kg.

Selanjutnya, pelaku dan barang bukti berupa sabu, koper merek Polo Twin warna hitam, sebuah handphone merek MI dan tiket pesawat jurusan Lampung-Palembang-Jakarta-Banjarmasin, dibawa ke Polresta Banjarmasin guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.