Beranda Informasi Serta Merta Urus SIM dan SKCK di Polresta Samarinda jadi Lebih Mudah

Urus SIM dan SKCK di Polresta Samarinda jadi Lebih Mudah

0

Humas.polri.go.id – SAMARINDA. Membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sekarang semakin mudah.

Warga tidak perlu lagi membawa uang tunai, namun cukup membuka aplikasi Gojek dengan pembayaran memakai Go Pay.

Gojek yang merupakan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia kembali meneguhkan komitmen dalam menghadirkan dampak positif kepada masyarakat melalui kolaborasinya dengan Polresta Samarinda.

Dalam kolaborasi ini mencakup tiga aspek, yakni pembinaan mitra driver Gojek, pengembangan UMKM, serta inovasi sistem pembayaran nontunai.

Dalam aspek pembinaan mitra driver, Gojek dan Polresta Samarinda akan bekerja sama dalam menyediakan berbagai materi pelatihan terkait keselamatan dan keamanan mitra driver selama menjalankan tugasnya.

Materi tersebut antara lain mencakup pelatihan dan bimbingan cara berkendara yang aman dan tertib, penanganan kecelakaan, sosialisasi penggunaan teknologi informasi yang bertanggung jawab dan sesuai aturan, serta pemberdayaan mitra driver sebagai agen pelaporan tindakan kriminal di masyarakat.

Pembinaan ini diharapkan dapat memberikan mitra driver Gojek di Samarinda bekal pengetahuan dan kesadaran yang cukup mengenai keselamatan dan keamanan di jalan.

Sedangkan pengembangan UMKM, Gojek menggandeng Bhayangkari Polresta Samarinda dalam mengadakan pelatihan UMKM.

Pelatihan UMKM ini nantinya diharapkan dapat memotivasi anggota Bhayangkari Polresta Samarinda untuk berwirausaha. Bagi yang telah menjalankan UMKMnya, pelatihan ini bertujuan untuk membantu mengembangkan bisnis dan memperluas akses pasar, melakukan pembinaan manajemen dan pengelolaan keuangan, serta mendukung efisiensi bisnis.

Sementara itu, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto menjelaskan, kalaborasi tersebut juga dapat menjegah terjadinya pungutan liar (pungli), dan sangat praktis, serta efisien untuk keperluan pembuatan maupun memperpanjang SIM dan SKCK.

Bagi warga yang ingin melakukan pembayaran PNBP SIM dan SKCK, baik untuk membuat baru maupun memperpanjang, cukup membuka aplikasi Gojek dan memilih menu ‘Bayar’ untuk
melakukan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran SIM dan SKCK, lalu memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran.

Edwin pun berharap bahwa kedepannya kolaborasi yang mencakup multi-aspek ini dapat membantu meningkatkan layanan publik di Samarinda dan membantu memudahkan kehidupan masyarakat yang lebih luas.

Khusus pengguna Go Pay yang melakukan pembayaran per 15 Januari – 31 Maret 2019 akan mendapatkan cashback sebesar 20% yang akan langsung masuk ke saldo Go Pay pengguna.